Berita » Budayakan Koordinasi

4-5-15Pertemuan koordinasi tingkat Puslitbang Tanaman Pangan yang dilaksanakan paralel dengan penyelenggaraan event nasional dipandang sebagai hal yang positif dan perlu dibiasakan. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Puslitbang TP, Dr. Made Jana Mejaya dalam Rapat Koordinasi Puslitbang TP tanggal 30 April 2015, di Balitsereal, Maros, Sulawesi Selatan.

Rapat tersebut dilaksanakan di sela-sela kegiatan Seminar Nasional Serealia 2015 yang diselenggarakan oleh Balai Penelitian Serealia.Rakor yang mengambil topik Kemajuan Pelaksanaan APBNP tersebut selain dihadiri oleh Kapuslitbang Tanaman Pangan bersama Kabid PE dan Kabid KSPHP, juga dihadiri oleh Kabalitsereal, Ketua Program BB Padi, serta beberapa petinggi Balitsereal.

Dari Balitkabi, hadir seluruh Eselon 4 (Kasi Yantek, Kasi Jaslit, dan Kasubag TU). Selain membahas kemajuan pelaksanaan kegiatan yang didanai dari refocussing dan APBNP 2015 oleh masing-masing Balit/BB, rapat juga membahas berbagai hal penting lainnya, termasuk Agro Science Park (ASP) dan Agro Techno Park (ATP).

Dalam kesempatan tersebut Kapuslitbang TP antara lain mengingatkan bahwa ASP harus sarat dengan aspek scientific. “output ASP diukur dari jumlah teknologi yang direplikasi oleh ATP yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Sedangkan ATP harus didukung oleh Perencanaan Bisnis yang kuat, sehingga dapat diadopsi oleh para pegusaha di indonesia”, demikian antara lain arahan beliau.

Kebiasaan untuk melaksanakan Rakor pada saat UK/UPT lingkup Puslitbang TP menyelenggarakan kegiatan besar seperti seminar nasional ini perlu dibudayakan. “Keberadaan para pejabat struktural dan petinggi UK dan UPT dalam rangka menghadiri undangan Balitsereal ini kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk silaturahmi dan berkoordinasi”, ujar Kepala Puslitbang Tanaman Pangan.

Pada tanggal 19 mei 2015 yang akan datang sudah direncanakan dilaksanakan Rakor Puslitbang TP di Malang, bersamaan dengan penyelenggaraan Seminar Nasional Hasil Penelitian Aneka Kacang dan Umbi oleh Balitkabi. Rapat Koordinasi tersebut akan mengambil tema ‘Penyelenggaraan Konsorsium Penelitian’.

rif