Berita » Budi Daya Kacang Hijau untuk Perbenihan

luwesPelatihan teknologi perbenihan kacang hijau dilaksanakan di Kabupaten Kendal pada tanggal 24 Februari 2018, diinisiasi oleh PRISMA, bekerjasama dengan Balitkabi, PB Luwes, dan KUB Citra Mandiri. Hadir pula perwakilan dari PT Sang Hyang Sri (SHS), KEMI (Komunitas Eksportir Muda Indonesia). PB Luwes yang bergerak di bidang perbenihan komoditas pertanian dan toko pertanian saat ini mulai membaca peluang untuk memproduksi benih kacang hijau. Dimotori oleh KUB Citra Mandiri yang bersentuhan langsung dengan petani dan difasilitasi oleh PRISMA, Balitkabi diundang untuk melakukan pendampingan dan pelatihan produksi benih kacang hijau dimulai sejak persiapan tanam sampai dengan penanganan pasca panen hingga prosesing menjadi benih dalam kemasan.

Dr. Rudi Iswanto, pakar kacang hijau Balitkabi, menjelaskan proses produksi benih yang benar dimulai dari persiapan lahan, tanam, sampai pemeliharaan dan penanganan pasca panen, hingga produk hasil panen terkemas sebagai benih bermutu. Persiapan lahan yang benar mengingat lahan cukup basah maka perlu dibuat saluran drainase, agar pertanaman tidak tergenang air, karena kacang hijau tidak membutuhkan banyak air. Pemeliharaan tanaman merupakan kunci penting keberhasilan budi daya, sehingga menjadi perhatian para peserta. Diskusi banyak dilakukan terkait hama dan penyakit karena merupakan faktor pembatas keberhasilan budi daya.

luwes1

Setelah pemaparan materi di kelas, dilanjutkan dengan kegiatan lapang dengan meninjau kondisi pertanaman diselingi dengan diskusi hangat dengan para petani mengenai pertumbuhan tanaman di lahan petani yang sudah mulai berbunga. Di lapang bisa dilihat bagaimana perbedaan Varietas Vima 3 dan varietas lokal yang ditanam petani.

Saat ini varietas Vima 3 sudah tertanam sebanyak 33 ha dan periode tanam masih berlangsung hingga nanti mencapai luasan 50 ha. Sebagai tindak lanjut hasil panen dari lokasi ini akan ditangkap oleh PT SHS untuk pengembangan lebih lanjut di Jawa Barat yaitu Subang dan Sukamandi. Dibahas pula peluang pengembangan lebih lanjut untuk kebutuhan ekspor yang akan dilakukan oleh KEMI.

luwes2

Melihat antusiasme petani terhadap peluang pengembangan kacang hijau ini, mudah-mudahan kegiatan ini bisa berlanjut sehingga pada akhirnya petani dapat merasakan dan menikmati hasil jerih payahnya.

 RI