Berita » VUB Kacang Hijau Siap Dikembangkan oleh Calon Penangkar Benih Binaan

Produksi kacang hijau terus menurun disebabkan karena penurunan luas panen dan produktivitas tingkat petani masih rendah. “Produktivitas kacang hijau dapat mencapai 2,5 t/ha, namun di tingkat nasional hanya 0,86 t/ha,” ungkap Dr. Rudi Iswanto, pemulia kacang hijau Balitkabi.

Guna mengatasi permasalahan tersebut, tanggal 14 Maret 2017 diselenggarakan pelatihan produksi benih kacang hijau untuk calon penangkar benih di Tuban. Pelatihan diikuti oleh calon penangkar benih dari Purwodadi Jawa Tengah, Bojonegoro, Pamekasan, dan perwakilan dari Kupang, Soe NTT, serta tim dari PT East West Seed Indonesia (EWINDO) dan AIP PRISMA. Seluruh calon penangkar benih adalah petani binaan PT EWINDO. Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya yang diadakan di kantor PT EWINDO pada tanggal 2 Maret 2017 antara AIP PRISMA, PT EWINDO, BALITKABI, PUSLITBANGTAN dan BPATP. Kegiatan ini dilaksanakan karena hingga saat ini belum ada penangkar benih kacang hijau yang sudah eksis di Indonesia.

Banyak yang belum mengetahui bahwa ada varietas unggul kacang hijau yang memiliki potensi hasil diatas 2 t/ha. Pada umumnya petani menanam kacang hjau dengan benih seadanya yang diperoleh dari pasar, sehingga produktivitas rendah. Benih kacang hijau lokal yang diperoleh dari pasar memiliki umur masak beragam sehingga proses panen membutuhkan tenaga kerja yang banyak. Hal tersebut menyebabkan petani enggan membudidayakan kacang hijau pada skala luas.

Adanya varietas unggul kacang hijau berumur genjah dengan panen serempak, serta daya hasil tinggi dan polong tidak mudah pecah menggugah semangat para peserta untuk mencoba menanam varietas yang dimaksud. Bahkan beberapa peserta juga menanyakan bagaimana analisis usaha taninya, menguntungkan apa tidak? Dr. Rudi menjamin, dengan B/C rasio mencapai 3,7, berusahatani kacang hijau cukup menguntungkan.

Diakhir acara, Dr. Rudi membagikan benih Vima 1 kepada pada peserta. Mudah-mudahan upaya diseminasi varietas unggul kacang hijau berjalan lancar dan dapat meningkatkan minat petani membudidayakan kacang hijau. Pada akhirnya produktivitas kacang hijau nasional meningkat dan kesejahteraan petani menjadi lebih baik.

Foto bersama seusai acara pelatihan.

Foto bersama seusai acara pelatihan.

 

RI