Berita » Curiosity sebagai Pegangan Hidup Peneliti

curiosityMomentum kerja, kerja dan kerja, memang harus dioperasionalkan dalam merancang, melakukan, dan meraih output penelitian. Dalam rangka mengoperasionalkan hal tersebut, tanggal 26 Juni 2018 dilakukan “Pembingkaian dan Pemantapan Kinerja Peneliti” lingkup Balitkabi di Aula Balitkabi, diikuti oleh 31 peserta terdiri Koordinator Program, Pejabat eselon IV, Ketua Kelti, dan peneliti.

Kepala Seksi Pelayanan Teknis Balitkabi, Dr. Rudi Iswanto, yang membuka acara pembingkaian, menyampaikan kemajuan penelitian dan sekaligus pencapaian hasil penelitian berada di pundak peneliti muda. Pembingkaian dilakukan oleh Kepala Balitkabi, Dr. Yuliantoro Baliadi, yang menekankan bahwa pembingkaian ini merupakan forum sains antar peneliti. Peneliti harus berdiri paling depan dalam mendukung program Kementerian Pertanian. Karenanya peneliti jangan mengisolir diri, namun harus percaya diri dan bersedia berjuang. “Jadilah sebagai sosok perwira yang selalu siap sedia menghadapi tugas yang diberikan,” ujar Yuliantoro.

Menurut Yuliantoro, terdapat beberapa tipe peneliti, yaitu: (1) Tipe peneliti yang mengurus diri sendiri, bekerja murni untuk diri sendiri dan tidak peduli dengan lembaganya, (2) Tipe peneliti yang mulai mau bekerjasama dan mulai terlibat dan memikirkan kepentingan lembaga, dan (3) Tipe peneliti yang mulai memilikirkan penyelesaian beban tugas Kementerian Pertanian.

curiosity1

Balitkabi memiliki 189 ASN, jumlah yang tidak sedikit, dan seharusnya menjadi modal kuat membangun kinerja penelitian aneka kacang dan umbi (akabi). Tanpa ditawar, peneliti harus tahu semuanya tentang akabi, dan harus mau serta bersemangat untuk meningkatkan kemampuan diri. Apalagi kita berada di lingkup litbang kementerian teknis. Kuncinya berada pada perbanyak komunikasi, diskusi, dan teamwork. Bangunlah jejaring internal maupun eksternal. Yuliantoro meminta secara tegas, peneliti harus menguasai alat bantu penelitian termasuk statistika, meluangkan waktu meningkatkan kapasitas berbahasa inggris, dan mengikuti perkembangan ilmiah.

Untuk memperluas dan mengupdate wawasan peneliti, Koordinator Program yaitu Dr. Andy Wijanarko, menyampaikan program penelitian 2015–2019, prioritas pembangunan nasional, 14 sasaran nawacita kedaulatan pangan, capaian penelitian Balitkabi 2017, dan peran peneliti muda Balitkabi.

Pada akhir pembingkaian, Yuliantoro menekankan sekali lagi, jangan menjadi peneliti individualistis. Janji peneliti adalah mengabdi untuk kesejahteraan petani !!!

AyK