Berita » Delta Perubahan SPP Letaknya di Inovasi

deltaTingkat Pelayanan Publik (PP) adalah kunci dan penciri kemajuan satu negara. Bila tidak ada distorsi/penyimpangan, dipastikan proses bisnis berlangsung bagus dengan hasil baik. Oleh karena itu pada ekspose kualitas pelayanan publik lingkup Kementan tahun 2018 yang perlu dinilai adalah besaran “Delta Perubahan”. Ini konteks yang sering ditanyakan Sekjen Kementan, kalimat inti dari arahan Drs. Abdul Halim Sihotang, M.Sc., Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementan saat membuka acara Ekspose Kualitas Pelayanan Publik Lingkup Kementan tanggal 28 November 2018 di Cipayung. “Delta perubahan Standar Pelayanan Publik (SPP) ada di inovasi yang mengarah ke perubahan proses, output dan outcome,” kata Halim, dengan logat Sumut yang kental.

Tim Penilai diminta untuk menelaah ada tidaknya delta perubahan PP yang ditunjukkan di Institusi Pelayanan Publik. Jelas diarahkan bahwa output tidak mungkin mengkhianati proses, sehingga wajib menerapkan prinsip konsistensi yakni dimulai sejak perencanaan penyiapan output yang bagus.

KaBiro OK di awal sambutannya sudah menyampaikan apresiasi karena 29 UKPP/UPTPP yang hadir di acara ini sudah dipilih oleh Tim Penilai melalui dua tahapan penilaian sebelumnya dan dinyatakan telah melaksanakan PP dengan baik, sehingga perlu diapresiasi tentunya dengan melihat apakah PP telah dilakukan secara kontinu dan konsisten atau belum.

Hasil akses Kemenpan RB terhadap Kementan dan sesuai arahan Sekjen dan Irjen Kementan sebenarnya diharapkan target nilai 100% di tahun 2019. Berbagai langkah koordinasi dan bahu-membahu ada kenaikan dari 76% menjadi 91%. Terkait dengan kenaikan besaran tunjangan kinerja Kementan, ini adalah pengakuan luar biasa dari Menpan RB dan Menkeu hingga Presiden.

KaBiro OK meminta kita membuktikan bahwa nilai itu ada di Kementan. “Nilai kita harus di atas 80% bahkan menuju target angka 90% sangat bisa dicapai,” kata Halim lebih lanjut. Perlu kita semua akui bahwa di era ini, para pimpinan Kementan menghadapi banyak permasalahan. Perlu kewaspadaan, dinamis dan aktif dengan tujuan untuk membuktikan ungkapan Pak Mentan: “Kementan pantas memperoleh pengakuan dan apresiasi tersebut”.

Lewat forum ini, seluruh UK/UPT Kementan diminta bersungguh-sungguh melayani publik. Ini penting untuk menampik ungkapan yang mempertanyakan integritas kita. Mari dukung seluruh arahan KaBiro OK dengan cara “Tuntas dan Selesaikan Integritas Diri Kita Sendiri sebagai ASN Kementan”.

Terimakasih kepada KaBiro OK untuk semua motivasi dan kalimat sejuk beliau untuk bekal bekerja: “Yang melayani akan mendapat rejeki, sehingga jangan pernah ragu melayani publik secara prima”.

delta1

YB