Berita » Demonstration Garden di AVRDC

AVRDC (Asian Vegetable Research Center) tidak asing bagi peneliti Balitkabi, beberapa peneliti telah mengunjungi dan mengikuti pelatihan di lembaga internasional tersebut. Sekarang mandat prioritas komoditas AVRDC ke tanaman sayuran, menyebabkan dua komoditas kacang-kacangan yaitu kedelai dan kacang hijau, tidak lagi diprioritaskan. Saat ini posisi AVRDC memiliki cakupan lebih menginternasional, karenanya akronim awal AVRDC mulai diubah menjadi AVRDC: The World Vegetable Center. Konsekuensinya ditetapkan 3 Key Points yaitu: (1) Vegetable are engine for HEALTH, (2) Research builds on GENETIC DIVERSITY, dan (3) Vegetables production is an engine for ECONOMC GROWTH and HIGHER INCOMES.

Tanggal 5 Juli 2013, dua peneliti Balitkabi yaitu Dr. Muchlish Adie dan Dr. Suharsono mengunjungi AVRDC di Tainan, didampingi oleh Prof. Maurice S.B. Ku dari NCYU, Prof. Liliek Sulistyowati, Direktur Double Degree UB, serta mahasiswa S2 asal UB di NCYU.

Demonstration garden di AVRDC

AVRDC tampil sebagai lembaga litbang yang telah mendunia, sehingga kegiatan diseminasi dikelola secara profesional. Kegiatan diseminasi berada di bawah Global Technology Dissemination. Penjelasan Dr. Wuu-Yan Chen, saat ini di Demontration Garden berisikan diseminasi tentang: (1) Improved lines, (2) Underutilized vegetables, (3) Soil, nutrient and water management dan (4) Integrated pest management. Di dalam Demontration Garden memang berisi koleksi yang sangat lengkap dan tertata secara baik, sehingga pengunjung bisa masuk ke semua petak dengan leluasa.

Di Demontration Garden juga didemonstrasikan program tentang Healthy Home Garden Kits. Dalam setiap kits berisi 17 jenis sayuran @ 2–50 g yang diperkirakan cukup untuk 1 keluarga dengan 4 anggota selama setahun. Sasarannya adalah pengelolaan pekarangan yang sehat dan menyehatkan bagi pengelolanya. Yang menarik juga dicontohkan pengelolaan dan penataan Home/School Garden, yang menurut Dr. Wuu-Yan Chen diadopsi dari Jawa Timur.

Balitkabi juga memiliki visitor plot yang sasaran manfaatnya adalah sama dengan Demontration Garden. Penataan dan pengelolaan yang lebih profesional nampaknya perlu mencontoh Demontration Gardennya AVRDC.

MMA/AW