Berita » Detap 1 Berjaya di Bima

 

Kunjungan Dinas Pertanian dan Hortikultura, Kabupaten Manggarai Barat, NTT pada pertanaman Detap 1 di Bima. (Sumber foto  Burhan)

Kunjungan Dinas Pertanian dan Hortikultura, Kabupaten Manggarai Barat, NTT pada pertanaman Detap 1 di Bima. (Sumber foto Burhan)

Detap 1 merupakan varietas kedelai pertama di Indonesia yang dirakit dengan keunggulan utama adalah tahan pecah polong, tentu selain memiliki potensi hasil tinggi, berumur genjah dan ukuran biji tergolong besar. Secara resmi, Detap 1, telah dilepas oleh Kementerian Pertanian pada tahun 2017. Di beberapa sentra produksi kedelai, Detap 1, mulai diminati oleh petani, termasuk di Bima, NTB.

Pengenalan Detap 1 di Bima, diawali oleh kerja sama antara Balitkabi dengan Syngenta Foundation for Sustainable Agriculture (SFSA) yang salah satu implementasinya adalah bimbingan teknis produksi benih kedelai dan pengenalan varietas Detap 1. Salah satu peserta Bimtek adalah U.D. Pemuda Kreatif dan saat ini telah mengembangkan produksi benih kedelai Detap 1 di Desa Nggembe, Bolo, Bima. Pengembangan produksi benih tersebut sangat tepat untuk memperkuat penyediaan benih pada program pengembangan kedelai di Bima yang ditargetkan seluas 400 ha.

Pengembangan produksi benih kedelai Detap 1 di Bima, yang dilakukan oleh produsen benih kedelai U.D. Pemuda Kreatif, terlihat optimal pertumbuhannya. Penuturan Pak Burhan, salah satu penggiat U.D. Pemuda Kreatif, keragaan tanaman Detap 1 sangat bagus. Dengan menggunakan jarak tanam 60 x 40 cm, dan mempertahankan 2 – 3 tanaman per lubang, Detap 1 tumbuh optimal dan mampu memproduksi polong pertanaman di atas 75 polong.

Penangkar benih U.D. Pemuda Kreatif, awalnya merupakan kumpulan dari petani milineal yang memiliki perhatian terhadap penyediaan benih kedelai. Semangat tersebut diabadikan dengan memberi nama bisnis taninya menjadi “Pemuda yang Kreatif”. Kiprah U.D. Pemuda Kreatif sebagai penyedia benih kedelai tidak hanya di daerah Bima, namun juga telah menyebar ke kabupaten lain di NTB bahkan di luar NTB. Salah satunya adalah kunjungan dari Dinas Pertanian dan Hortikultura, Kabupaten Manggarai Barat, NTT tanggal 12 Maret 2020 pada pertanaman produksi benih kedelai Detap 1. Pada kesempatan tersebut keragaan Detap 1 sangat diapresiasi oleh rombongan Dinas Pertanian Manggarai Barat dan mereka menyatakan kesiapannya untuk mengembangkan di NTT. Semoga Detap 1 semakin berkiprah di Indonesia.

Keragaan polong Detap 1 di  Penangkaran benih Detap 1 di Bima (Sumber foto  Burhan)

Keragaan polong Detap 1 di Penangkaran benih Detap 1 di Bima
(Sumber foto Burhan)

MMA