Berita » Devon 1, Idola Baru di Nganjuk

Pertanaman Devon 1 di kegiatan BuDesa, Nganjuk.

Pertanaman Devon 1 di kegiatan BuDesa, Nganjuk.

Gelar Lapang Inovasi Pertanian (GLIP) salah satunya diwujudkan melalui pengembangan program budi daya kedelai di lahan sawah (BuDesa). Muatan utama BuDesa adalah percepatan hilirisasi inovasi terbaru (varietas) dan produksi benih yang melibatkan mitra (produsen benih dan kelompok tani). Program BuDesa di Jatim dilaksanakan di Nganjuk pada hamparan lahan sawah seluas 40 ha dengan menggunakan varietas kedelai Devon 1. Varietas Devon 1 merupakan hasil kerja Balitkabi yang dilepas pada tahun 2015. BuDesa yang dilaksanakan pada musim tanam Februari–Mei 2018, setelah tanaman padi, memperlihatkan pertumbuhan yang optimal. Pelaksanaan BuDesa bekerja sama dengan Kelompok Tani Ngudi Mulyo (Desa Banaran Wetan) dan Sumber Makmur I (Desa Sukoharjo). Petani yang baru pertama kali mengenal dan menanam Devon 1, diawali dengan penuh kebimbangan. BuDesa yang menerapkan sistem tanam diicir lurus barisan dengan menggunakan benih 50 kg/ha, berbeda dengan kebiasaan petani yang menggunakan cara tanam disebar dengan dosis benih antara 80–90 kg/ha.

Pada saat Devon 1 berada pada fase pembentukan polong dan pemasakan biji, peserta BuDesa dan petani sekitar, mulai kagum dengan ketegapan tanaman Devon 1 dan jumlah polong yang relatif banyak. Tidak sedikit petani BuDesa yang menyampaikan di lapang bahwa baru pertama kali melihat kedelai dengan pertumbuhan seragam dan polongnya banyak. “Biasanya hanya mendapatkan hasil 2,40 t/ha sekarang dengan menggunakan Devon 1 hasilnya mendekati 3 t/ha,” ungkap Pak Pardi.

Keragaan polong Devon 1 di BuDesa.

Keragaan polong Devon 1 di BuDesa.

Bukan tanpa kritik, pendapat petani, Devon 1 umurnya lebih lama 3‒5 hari dibandingkan dengan varietas kedelai yang ditanam sebelumnya. Tapi hebatnya, menurut petani, agak tahan kering, cabangnya banyak dan hasilnya tinggi. Ketika ditanyakan kembali pada saat diskusi dengan petani di kelompok tani Ngudi Mulyo, apakah tahun depan akan berganti varietas lain, petani menjawab akan tetap menanam Devon 1. Varietas Devon 1 memang joss.

AyK