Berita » Diseminasi Teknologi Budidaya Kedelai lewat UGM

Teknologi budidaya untuk meningkatkan produktivitas kedelai telah disampaikan oleh Kepala Balitkabi Malang (Dr. Didik Harnowo) sebagai pembicara inti pada Seminar Nasional Agribisnis Kedelai di Pasca Sarjana UGM, tepatnya pada Program Studi MMA (Magister Manajemen Agribisnis) pada tanggal 7 Mei 2015.

Tema seminar adalah: “Agrisbinis Kedelai: Antara Swasembada dan Kesejahteraan Petani”. Pembicara inti lainnya adalah Dr. Jaka Widada (Pendampingan dan Pemberdayaan Petani Kedelai), Prof. Dr. Masyhuri (Kebijakan Agribisnis Kedelai), dan Prof. Dr. Marry Astuti (Agroindustri Berbasis Kedelai).

Sebagai Key note speaker pada Semnas ini adalah Ketua Umum PERHEPI, Dr. Bayu Krisnamurhi. Semnas ini dilaksanakan bersamaan dengan Dies Natalis MMA UGM XVI. Seminar diikuti sekitar 150 peserta. Beberapa hal yang perlu dicatat dari presentasi makalah inti tersebut antara lain:

  • Teknologi budidaya kedelai spesifik lokasi telah tersedia dan merupakan hal yang sangat diperlukan dalam rangka peningkatan produktivitas kedelai secara nasional. Teknologi tersebut harus didiseminasikan secara masif ke pengguna
  • Pendampingan kepada petani dalam penerapan teknologi di lapangan sangat diperlukan. Tenaga penyuluh yang ada di lapangan harus difasilitasi dan diberdayakan
  • Tata niaga kedelai dalam negeri perlu diperbaiki dalam rangka menciptakan iklim yang kondusif bagi petani sehingga mereka bergairah berusahatani kedelai. Hal ini sangat penting dalam rangka pencapaian swasembada kedelai
  • Kebijakan mengenai swasembada kedelai mungkin perlu dibreakdown menjadi beberapa target yang sesuai peruntukan kedelai, misalnya kedelai untuk tahu, tempe, kecap. Kebutuhan kedelai untuk tempe adalah yang paling banyak dan sehingga memerlukan upaya yang sangat besar untuk menggapai swasembada.
Pembicara inti, Ketua Panitia dan Moderator berfoto bersama dengan Ketua Umum Perhepi, Dr. Bayu Krisnamurthi (nomor tiga dari kiri).

Pembicara inti, Ketua Panitia dan Moderator berfoto bersama dengan Ketua Umum Perhepi, Dr. Bayu Krisnamurthi (nomor tiga dari kiri).

DH