Berita » Dokumen KNAPPP Balitkabi Siap Diakreditasi oleh Kemenristek Dikti

Berkat rahmat dan karunia Allah SWT dan kerjasama tim yang baik, Balitkabi telah berhasil menyusun dokumen KNAPPP (Komisi Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan) sebagai pedoman dalam melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan. Dokumen KNAPPP Balitkabi disusun sesuai dengan Pedoman KNAPPP 02:2007 terdiri atas delapan panduan mutu, yaitu: (1) Organisasi dan lingkup kegiatan, (2) Kepemimpinan, (3) Strategi organisasi, (4) Pengukuran kinerja, (5) Proses dan manajemen, (6) Manajemen kekayaan intelektual dan hasil, (7) Manajemen pelanggan dan pemangku kepentingan, dan (8) Manajemen kompetensi. Masing-masing panduan mutu tersebut, dilengkapi perangkat lain yang terdiri atas: (1) Prosedur, (2) Instruksi kerja, dan (3) Form, dukumen, pendukung, rekaman.

Sosialisasi dokumen sistem mutu sesuai dengan pedoman KNAPPP 02:2007 telah dilaksanakan mulai bulan Maret 2016 dan pendaftaran akreditasi KNAPPP telah diajukan pada bulan Agustus 2016. Sebagai proses lanjut dari pendaftaran akreditasi KNAPPP maka pada 19−20 Desember 2016 telah dilakukan asesmen awal oleh Asesor Kemenristek Dikti terhadap penerapan sistem manajemen mutu penelitian dan pengembangan pada enam ruang lingkup bidang penelitian yang diajukan untuk diakreditasi, yaitu ruang lingkup: (1) Pemuliaan Tanaman, (2) Agronomi, (3) Ilmu Tanah Terapan, (4) Teknologi Pasca Panen, (5) Ekonomi Pertanian, dan (6) Proteksi.

Kemenristek Dikti dalam asesmen awal di Balitkabi menemukan beberapa Lembar Ketidak Sesuaian (LKS), baik yang bersifat mayor, minor, maupun observasi. LKS tersebut telah ditindaklanjuti oleh Tim KNAPPP Balitkabi dengan melakukan koordinasi pengumpulan bukti-bukti perbaikan dokumen sistem mutu KNAPPP Balitkabi sesuai dengan temuan Asesor. Tindakan perbaikan temuan ketidaksesuaian melibatkan berbagai bidang baik manajer teknis, para peneliti, dan laboratorium. Bukti perbaikan temuan ketidaksesuaian asesmen awal telah dikirim ke Kemenristek Dikti pada tanggal 30 Januari 2017. Verifikasi perbaikan hasil asesmen awal tersebut merupakan indikator lolosnya Balitkabi dalam memperoleh sertifikat akreditasi KNAPPP.

Dengan dukungan berbagai pihak, Balitkabi optimis dapat memperoleh sertifikat akreditasi KNAPPP pada tahun 2017.

berita_8-2-2017

Koordinasi tim KNAPPP Balitkabi (kiri), dokumen koreksi dan tindakan perbaikan yang telah dilakukan (kanan)

 

AH/HP