Berita » Dr. Adnan: Tantangan Kinerja ke Depan Semakin Berat

Matrik rencana kegiatan penelitian Balitkabi tahun 2018 dievaluasi oleh tim Puslitbang TP yang terdiri atas Dr. A. M. Adnan (Kabid Program dan Evaluasi), Dr. I Made Jana Mejaya, M.Sc., dan Nia Romania Patriyawati, M.Sc. Acara evaluasi dilaksanakan di Aula Balitkabi tanggal 21−22 Februari 2017, dibuka oleh Plh. Kepala Balikabi Dr. Andy Wijanarko dan diikuti oleh seluruh peneliti. Dalam sambutannya, Dr. Andy menyatakan bahwa target IKU 2018 sudah ada calon-calon yang dibidik dan akan dikawal agar tercapai.

Tahun 2045 pemerintah Indonesia mentargetkan menjadi Lumbung Pangan Dunia untuk sembilan komoditas pangan yaitu padi, bawang merah, cabai, jagung, gula konsumsi, kedelai, gula industri, daging sapi, dan bawang putih. Pencapaian target tersebut dilaksanakan secara bertahap dimulai tahun 2016. Balitkabi sebagai pemegang mandat komoditas kedelai harus berperan aktif mewujudkan swasembada kedelai yang diharapkan tercapai pada tahun 2020, dengan dukungan berbagai pihak. Tahun 2040 Indonesia harus mampu impor kedelai. Dr. Adnan menambahkan, upaya pencapaian target swasembada kedelai sangat berat. Tahun 2016 produksi kedelai mengalami penurunan 8,06%. Hal tersebut terkendala oleh iklim La Nina, dan rendahnya minat petani karena harga kedelai kurang kompetitif. Strategi yang harus dilakukan adalah penambahan luas tanam, mitigasi/adaptasi terhadap perubahan iklim, dan penetapan harga pembelian. Target produksi kedelai tahun 2017 sebesar 1,20 juta ton dan tahun 2018 ditingkatkan menjadi 2,34 juta ton. Semoga target tercapai, hingga Indonesia berswasembada kedelai.

adnan2

Tahun 2017, Balitkabi menetapkan perjanjian kinerja dengan target konservasi plasmanutfah sebanyak 3.919 aksesi, melepas 2 VUB, merakit 3 paket teknologi, memproduksi 41 ton benih sumber, dan penerbitan karya tulis ilmiah sebanyak 30 KTI. Dan Balitkabi berusaha meningkatkan kinerjanya pada tahun 2018. Hal tersebut ditunjukkan pada rencana target capaian tahun 2018 yaitu konservasi aksesi plasmanutfah sebanyak 4.985, melepas 6 VUB, merakit 6 paket teknologi, menghasilkan 62 ton benih sumber, dan menerbitkan 30 KTI.

Dengan semangat kerja ikhlas dan produktivitas tinggi, semoga target yang telah ditetapkan dapat tercapai.

 

 

 

KN