Berita » Dr. Ir. Didik Harnowo, M.S., Dilantik Menjadi Profesor Riset ke-126

Dr. Ir. Didik Harnowo, M.S., pria kelahiran Trenggalek 59 tahun silam, hari ini berhasil meraih gelar Profesor Riset, gelar tertinggi sebagai seorang peneliti di lingkup Balitbangtan. Pengukuhan Profesor Riset dilaksanakan di Gedung Auditorium Utama Ir. Sadikin Sumintawikarta, Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu, Bogor, tanggal 14 Agustus 2017. Bertindak sebagai Ketua Majelis Pengukuhan Profesor Riset adalah Kepala LIPI. Selain Dr. Ir. Didik Harnowo, M.S., terdapat dua peneliti senior lain yang dikukuhkan sebagai Profesor Riset yaitu Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr. dan Dr. Ir. I Nyoman Widiarta, M.Agr. Acara pengukuhan Profesor Riset dihadiri oleh Kepala Balitbangtan Dr. M. Syakir, pejabat eselon II, III, dan IV lingkup Balitbangtan, para ketua Kelti, para peneliti, dan undangan lain.

didikh

Dalam orasinya yang berjudul “Inovasi Teknologi Benih Kedelai untuk Memacu Pengembangan Industri Hilir Perbenihan”, Dr. Didik menyampaikan bahwa teknologi produksi dan penanganan pasca panen benih yang tepat terbukti mampu menghasilkan benih kedelai bermutu tinggi, bahkan dapat disimpan hingga enam bulan dengan daya tumbuh lebih dari 80%. Industri hilir perbenihan kedelai secara berkelanjutan sangat prospektif untuk dikembangkan di setiap sentra produksi sebagai usaha agribisnis penangkaran benih, melalui penerapan strategi pengembangan benih secara utuh. Keberhasilan dalam pengembangan industri hilir perbenihan kedelai merupakan kunci, sekaligus indikator bagi keberhasilan program pengembangan kedelai untuk mencapai swasembada kedelai nasional.

“Pemerintah harus terus berupaya menciptakan kondisi sehingga usaha tani kedelai menjadi menguntungkan”, ungkap Dr. Didik. Hal ini akan mendorong semangat petani untuk menanam kedelai sebagai usaha tani yang kompetitif dan memberikan keuntungan tinggi, yang akan mendorong tumbuh kembangnya industri hilir perbenihan kedelai.

Semoga dengan bertambahnya jajaran Profesor Riset lingkup Balitbangtan, akan semakin menyukseskan program Kementerian Pertanian dalam mencapai Swasembada Pangan.

didikh1

KN