Berita » Dr. Joko Susilo Utomo, Harapan Baru Balitkabi

Pergantian pimpinan adalah hal yang lumrah terjadi di setiap institusi. Jabatan tidaklah kekal, sehingga harus ada regenerasi dan amanah yang diberikan harus dijalankan sebaik mungkin. Demikian yang disampaikan oleh Plt. Kepala Balitkabi Dr. Emy Sulistyowati pada acara Lepas Sambut Kepala Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi dari Dr. Didik Harnowo kepada Dr. Joko Susilo Utomo.

Acara diselenggarakan hari Selasa 14 Februari 2017 di Aula Balitkabi, dihadiri oleh Kepala Balitbangtan yang diwakili oleh Plt. Kapuslitbang TP yaitu Bapak Dr. Hardiyanto, Kepala UPT lingkup Balitbangtan di Malang Raya, Pejabat di lingkup Kecamatan Pakisaji dan Desa Kendalpayak, serta seluruh karyawan/karyawati Balitkabi.

Dr. Didik Harnowo telah menahkodai Balitkabi selama 3 tahun 4 bulan 20 hari yaitu sejak tahun 2013. Dalam rentang waktu tersebut, Balitkabi telah banyak meraih prestasi membanggakan. Salah satunya adalah dinobatkannya Balitkabi sebagai Pusat Unggulan Iptek Aneka Kacang dan Umbi pada tahun 2015 oleh Kemenristekdikti.

Semua itu tidak mungkin tercapai bila tidak didukung oleh semua komponen yang ada di Balitkabi, demikian tutur Dr. Didik Harnowo. Oleh karena itu, ucapan terimakasih setinggi-tingginya disampaikan oleh Dr. Didik Harnowo kepada seluruh karyawan/karyawati Balitkabi yang telah bekerja keras dan ikhlas demi kemajuan Balitkabi.

Tak lupa pula disampaikan permohonan maaf atas kekurangan dan keterbatasan selama memimpin Balitkabi. “Marilah kita bekerja sama mendukung Kepala Balitkabi yang baru, agar Balitkabi semakin membahana dan mengangkasa”, demikian pungkasan sambutan Dr. Didik Harnowo.

berita_14-2-2017

Pucuk pimpinan Balitkabi hari ini telah berganti. Penerima estafet pimpinan berikutnya adalah Dr. Joko Susilo Utomo. Sosok Dr. Joko sudah tidak asing lagi di Balitkabi, karena beliau sebelumnya merupakan peneliti Balitkabi bidang Teknologi Pangan.

Lima tahun yang lalu beliau diberi amanah untuk menjadi Kepala BPTP Lampung, kemudian menjadi Kepala Balitjesro, sebelumnya akhirnya kembali ke Balitkabi memegang amanah menjadi Kepala Balitkabi. Dr Joko menyampaikan bahwa Balitkabi saat ini sudah memiliki prestasi luar biasa di tingkat nasional.

Seluruh karyawan/karyawati Balitkabi dituntut untuk selalu berkomitmen, tidak lain adalah demi meraih prestasi yang lebih tinggi lagi. Di samping telah meraih PUI, terakreditasinya beberapa laboratorium di Balitkabi juga merupakan prestasi luar biasa, meski dengan dukungan alat laboratorium yang sangat minim.

Artinya pelaku yang bekerja adalah orang yang sangat qualified. “Saya akan meneruskan apa yang sudah dicapai dan akan melakukan peningkatan nyata di Balitkabi”, itulah janji Kepala Balitkabi yang baru.

Pada acara lepas sambut ini, Dr. Hardiyanto selaku Plt. Kapuslitbang TP mengucapkan terimakasih kepada Dr. Didik Harnowo yang telah menjalankan amanah dengan baik. Sekaligus menyampaikan pesan kepada Dr. Joko Susilo Utomo selaku Kepala Balitabi yang baru, agar segala hal yang masih relevan dan baik supaya dilanjutkan.

Tugas Dr. Joko adalah mempertahankan prestasi yang sudah diraih Balitkabi dan harus bisa membawa Balitkabi lebih baik lagi. Penelitian harus dilakukan sesuai dengan masalah yang ada di lapangan. Pesan Kepala Balitbangtan, “KTI adalah halte yang harus dilalui, namun bukan terminal akhir”. Hasil penelitian harus dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

KN