Berita ยป Dr Titik Menjadi Nara Sumber Aneka Kabi di Padang

Untuk meningkatkan diseminasi hasil penelitian aneka tanaman kacang dan umbi, Dr Titik Sundari, menjadi nara sumber pada Pertemuan Stakeholder Komoditas Aneka Kacang dan Umbi Non Kedelai di Padang, Sumatera Barat. Pertemuan dihadiri oleh, terdiri dari Petugas Lapangan, Kelompok tani (budidaya pertanian), dan Kelompok UKM, berjumlah 25 orang.

Acara dibuka pada siang hari oleh Direktur Akabi, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh beliau.Pada sambutannya Direktur Akabi menyampaikan target empat sukses Kementerian Pertanian. Pencapaian empat sukses harus mendapat dukungan dari daerah. Untuk itu juga disampaikan upaya bagaimana menggerakkan petani sebagai produsen bahan baku, dan kelompok UKM sebagai pengolah bahan baku tersebut untuk menumbuhkembangkan produktivitasnya guna mendapatkan keuntungan bagi mereka.

Pada kesempatan berikutnya, Dr Titik memaparkan teknologi budidaya ubikayu, kacang tanah, dan ubijalar. Peserta antusias untuk mengikuti pemaparan materi dan memanfaatkan momen ini dengan mengajukan berbagai pertanyaan mengenai teknologi budidaya kabi yang dianggap baru bagi mereka. Mereka lalu berminat untuk berkunjung ke Balitkabi. “Sebelum ke Malang, silakanmembuka website Balitkabi, karena di situ banyak informasi yang bisa diperoleh, baik mengenai teknologi budidaya maupun teknologi pengolahan, dan juga perbenihan”, tutup Dr Titik.