Berita » DRN Bahas Peluang Pangan Lokal di Balitkabi

dsc_6795

Salah satu anggota Komtek Pangan dan Pertanian Dewan Riset Nasional (DRN) yaitu Dr. Agus Somamihardja kunjungi Balitkabi pada Kamis 12 September 2019. Kunjungan diterima oleh Kepala Balitkabi Dr. Ir. Yuliantoro Baliadi, M.S. beserta para pejabat eselon 4, koordinator program, dan para peneliti.

Agus menyampaikan bahwa tujuan kunjungan ini adalah ingin menggali dan memanfaatkan semaksimal mungkin sumber daya genetik yang ada di Indonesia pada umumnya dan Balitkabi pada khususnya. Agus melihat bahwa Indonesia memiliki potensi sumber pangan lokal yang luar biasa. Salah satunya adalah kacang Koro. Kacang Koro ini dapat dibuat menjadi tempe yang kualitasnya tidak kalah dengan tempe dari kedelai. Karena selama ini untuk membuat tempe dari kedelai, bahan baku kedelai sebagian besar masih impor. “Apabila potensi kacang Koro ini benar-benar kita manfaatkan, saya yakin impor kedelai akan bisa diturunkan”, kata Agus bersemangat.

 

Yuliantoro mengatakan bahwa mandat Balitkabi saat ini masih lima komoditas yaitu kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu, dan ubi jalar. Komoditas Akabi lain masih belum menjadi prioritas, namun Balitkabi mempunyai koleksi sumber daya genetiknya. “Jika ke depan akan lebih digali pemanfaatannya, kita siap”, kata Yuliantoro.

“Orang asing, pebisnis, dan petani lugu adalah orang yang memiliki perhatian besar terhadap potensi dan peluang sumber daya genetik penting”, imbuh Pemulia kedelai handal M. Muchlish Adie. Potensi kacang Koro memang luar biasa dan sudah banyak penelitian yang dilakukan.

Agus berpesan bahwa inovasi yang dihasilkan harus berdaya saing. Kita jangan takut menyampaikan ide. Dewan Riset Nasional akan memberikan arahan dan koridor yang jelas. “Saat ini Indonesia masih kurang percaya diri dan kurang bergaul di dunia Internasional”, kata Agus. Kita harus membuka diri agar bisa berkembang dan harus bisa membangkitkan rasa nasionalisme untuk membangun pangan agar berhasil. “Sudah bukan jamannya kita bersaing, yang ada saat ini adalah daya mitra,” kata Agus mengakhiri diskusi.

dsc_6751

Suasana diskusi Dr. Agus dari Komtek Pangan Dewan Riset Nasional dengan peneliti Balitkabi

Peneliti Balitkabi menitipkan pesan agar komoditas Akabi selain kedelai yaitu kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu, dan ubi jalar, serta Akabi potensial lainnya bisa disuarakan di DRN untuk mendapat perhatian lebih dari pemangku kebijakan dalam mendukung kemandirian pangan. Kepala Balitkabi menyampaikan ucapan terima kasih karena DRN karena sudah memiliki perhatian kepada komoditas Balitkabi.

Kunjungan ke ruang dingin plasma nutfah Balitkabi

Kunjungan ke ruang dingin plasma nutfah Balitkabi

Untuk menghasilkan inovasi yang handal, kita harus ulet, percaya diri, dan komunikatif…

 

KN