Berita » Libur Pun I-Prog RPTP Balitkabi 2014 Jalan Terus

Hari libur tak selalu libur dari pekerjaan. Pada saat mendadak, tidak ada kata libur untuk Seksi Pelayanan Teknis (Yantek) Balitkabi. Di bawah komando Kepala Seksinya yang baru, Dr Yusmani Prayogo, Yantek Balitkabitancap gas menyelesaikan input data RPTP 2014 di Puncak Raya, Cisarua (Bogor).Pak Yus mengerahkan tiga stafnya: Intarti SP, Andhe Wijaya dan Budi Waluyo untuk menyelesaikan input entry data RPTP dan RKTM 2014 ke dalam i-prog Badan Litbang Pertanian.Sebanyak 12 (RPTP) Balitkabi,yang sudah dievaluasi di tingkat Puslitbang Tanaman Pangan pada 11 Maret danlalu direvisi oleh kelompok peneliti penanggungjawabnya. RPTP yang telah direvisi lalu dientry ke I-prog yangharus tuntas pada minggu ke-2, Maret 2013. Pada pada minggu ke-4, RPTP akan dievaluasi oleh Badan Litbang. RPTP Balitkabi dievaluasi olehProf Dr Djoko Damarjati dari Prof Dr Darman M Arsyad.

Dua belas RPTP tersebut adalah: (1) Produksi Benih Sumber Kacang-kacangan dan Umbi-umbian dengan Sistem Manajemen Mutu (SMM) Berbasis ISO 9001-2008 (Ir M Anwari MS), (2) Pengelolaan dan Pemberdayaan Plasma Nutfah Aneka Kacang dan Ubi (Prof Dr Astanto Kasno), (3) Konsorsium Uji Adaptasi Galur Harapan untuk Percepatan Pelepasan Varietas Unggul Kedelai (Dr Heru Kuswanto), (4) Perakitan Varietas Kedelai Tropis untuk Potensi Hasil Tinggi, Toleran Kekeringan, Toleran Naungan, Toleran Pasang Surut, dan Toleran Cekaman Biotik (Dr Novita Nugrahaeni), (5) Perbaikan Komponen Teknologi Budidaya untuk Peningkatan Produktivitas Kedelai (Prof Dr Subandi), (6) Perbaikan Komponen Teknologi Pengendalian Hama dan Penyakit Kedelai untuk Mendukung Pengelolaan Hama dan Penyakit Terpadu (Dr Suharsono), (7) Perakitan Varietas dan Perbaikan Komponen Teknologi Produksi untuk Meningkatkan Produktivitas Ubikayu (Prof Dr Nasir Saleh), (8) Perakitan Varietas dan Komponen Teknologi Produksi untuk Meningkatkan Produktivitas Ubijalar (Dr M Jusuf), (9) Perakitan Varietas dan Komponen Teknologi Produksi untuk Meningkatkan Produktivitas Kacang Tanah (Ir Joko Purnomo MP), (10) Perakitan Varietas dan Komponen Produksi untuk Meningkatkan Produktivitas Kacang Hijau (Ir Trustinah), (11) Diseminasi Teknologi Kacang-kacangan dan Umbi-umbian (Dr A A Rahmiana) dan (12) Penyebaran Varietas Unggul dan Preferensi Petani terhadap Komoditas Ubikayu (Ir Ruly Krisdiana MS). RPTP Balitkabi tidak mengalami perombakan proposal. Komponenpenilaian mencakup: (1) relefansi masalah, (2) metodologi, (3) dampak adopsi teknologi, (4) kesesuaian judul, tujuan keluaran, manfaat teknis, sosial dan ekonomis, (5) kewajaran biaya, tenaga dan peralatan, serta (5) litkajibangrap. Nilai RPTP Balitkabi tahun 2014 berdasarkan hasil kedua evaluator berkisar 380-475. Nilai tertinggi yang diperoleh dari RPTP yang berjudul “Produksi Benih Sumber Kacang-kacangan dan Umbi-umbian dengan Sistem Manajemen Mutu (SMM) yang diprakarsai oleh Ir M Anwari MS.


Dr Yusmani bersama staf Yantek sedang entry data RPTP dan RKTM Balitkabi ke dalam i-prog yang dilakukan di Hotel Puncak Raya, Cisarua (Bogor) tanggal 12-14 Maret 2014
Dr. Yusmani /AW