Berita » Evaluasi Kinerja PUI Akabi

Balitkabi sebagai salah satu lembaga riset yang telah ditetapkan sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) yakni sebagai Pusat Riset Aneka Kacang dan Umbi, perlu memposisikan dan meningkatkan kinerja lembaga risetnya. Pada tanggal 2–3 November 2015, PUI Akabi dimonitoring dan dievaluasi oleh Lemlitbang Iptek dan Dikti, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Tim monev terdiri dari Dr. Bambang Setiadi, Novi Mukti Rahayu, M.T., dan Edita Diah Triana Dewi, S.E. Tujuan monev adalah untuk memberikan jaminan mutu pelaksanaan pengembangan PUI Akabi. Monev diikuti oleh jajaran pejabat dan peneliti di Balitkabi.

Sambutan Kepala Balitkabi yang diwakili oleh Kepala Subbagian Tata Usaha, Ir. Wisnu Unjoyo, Balitkabi sebagai satu-satunya lembaga riset yang menangani komoditas akabi tetap berkomitmen untuk meningkatkan kinerja dan produk risetnya, berlandaskan kerja cepat, kerja cerdas, dan kerja mawas.

Ketua Tim monev, Dr. Bambang Setiadi berpesan, persoalan riset adalah persoalan mengedepankan dan mencanangkan target besar. Periset jangan menipu diri, tiap hari berangkat ke kantor, tidak melakukan apa-apa, tahu-tahu pensiun.

PUI Akabi harus mampu memposisikan sebagai layaknya IRRI, harus ada peneliti yang mampu berkomunikasi internasional, mampu menyampaikan apa yang dilakukan oleh PUI Akabi dan menyampaikan apa yang telah dihasilkan. Spirit Tropika, bagi komoditas akabi harus menjadi spirit bekerja dan spirit berkomunikasi secara internasional.

Evaluasi capaian kinerja PUI Akabi pada B09. Capaian kinerja PUI Akabi hingga B09 dari dua indikator utama yakni Capaian akademis 35% dan Komersialisasi serta pemanfaatan hasil riset 65%, secara umum PUI Akabi telah mampu memenuhi target masterplan, kecuali pada capaian makalah nasional terakreditasi yang masih banyak kekurangannya, namun dapat dipenuhi dari kelebihan publikasi internasional.

4-11-15a

4-11-15b

Evaluasi dari Tim Monev, kinerja PUI Akabi dari B03 hingga B09 telah memperlihatkan kemajuan yang signifikan. Diingatkan juga bahwa ada dua agenda yakni 18–21 November, PUI akan mengikuti eksibisi produk riset yang siap diadopsi oleh pengguna dan pada tanggal 9–10 Desember 2015 akan dilakukan deklarasi penetapan PUI di Kemenristekdikti.

MMA