Berita ยป FGD Kerjasama Lisensi

fgdKegiatan FGD Kerjasama Lisensi dengan tujuan memvalidasi hasil verifikasi kerjasama lisensi lingkup Puslitbangtan dilaksanakan di Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian (BPATP) Jumat 16 Maret 2018.

Acara dihadiri oleh Balitbangtan yang diwakili oleh BPATP, BB Padi, Balitkabi, Puslitbangtan, dan Tim POKJA Alih Teknologi dengan lima Mitra Penerima Lisensi (PT Petrokimia Gresik, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim, PT Biosindo Mitra Jaya, PT Dupont Indonesia, dan PT Agro Indo Mandiri).

Formula pupuk hayati Iletrisoy bermerek dagang Agrisoy telah dilisensikan ke PT Agro Indo Mandiri. Dalam pelaksanaannya, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian bersama bahwa Agrisoy sudah mendapatkan izin edar, namun hingga kini belum teridentifikasi calon-calon distributor, sehingga produksi belum dimulai.

Upaya tindak lanjut yang harus dilakukan bersama termasuk oleh lisensor diantaranya adalah: (1) Mempromosikan dan mensosialisasikan Agrisoy untuk membidik free market maupun project diantaranya ke Direktorat Akabi, (2) Menjajaki afiliasi dengan Koperasi Balitkabi ataupun pihak lain untuk kerjasama produksi dan pemasaran.

Balitkabi sebagai inventor secara proaktif telah ikut melakukan promosi produk Agrisoy tersebut melalui kegiatan diantaranya: secara terus menerus melakukan promosi dan sosialisasi Agrisoy melalui kegiatan Gelar Lapang Inovasi Pertanian (GLIP) di 11 provinsi, masing-masing lokasi 30 ha menggunakan Agrisoy. Secara nasional juga sudah ada permintaan antara lain mahasiswa, dinas, BPTP, dan swasta.

Dengan adanya FGD tersebut diharapkan dapat mengurai kendala-kendala yang ada, sehingga antara Inventor dan Lisensor dapat bersinergi dengan baik.

BSK/AH