Berita ยป Galur Kacang Hijau Super Genjah

a-khijua

Kacang hijau biasa diusahakan di lahan sawah setelah padi sawah pada musim kemarau (MK). Pada MK, kacang hijau hanya mendapatkan air saat tanam dengan memanfaatkan sisa kelengasan tanah yang ada dari pertanaman sebelumnya. Tersedianya varietas kacang hijau berumur genjah sangat penting untuk lahan sawah tanpa irigasi.

Pada tahun 2008, Balitkabi telah melepas varietas kacang hijau Vima-1 yang saat ini sangat populer di beberapa sentra produksi kacang hijau. Vima-1 memiliki karakteristik masak serempak dengan umur genjah (57 hari). Perbaikan genetik kacang hijau untuk memperpendek umur panen kacang hijau telah dilakukan pemulia kacang hijau di Balitkabi melalui persilangan. Dari seleksi 300 galur kacang pada MK 2012, diperoleh tiga galur yakni MMC 676-7C-GT-1-312, MMC 679-2C-GT-1-315, dan MMC 679-5C-GT-4-320; selain hasil bijinya 10% lebih tinggi dari Vima-1 (1,45 t/ha), ketiganya berumur super genjah (<55 hari).


Penampilan galur kacang hijau super genjah (kanan) dibanding Vima-1 (kiri)

Kacang hijau berumur super genjah penting untuk diadaptasikan pada kondisi fenomena ketidakpastian iklim seperti yang terjadi saat ini. Kacang hijau berumur super genjahakan meningkatkan indeks pertanaman (IP), khususnya pada daerah dengan curah hujan terbatas.

Sumber: Laporan tahunan 2012
MMA/AW