Berita » Gaung Akabi sampai ke University of Queensland Australia

berita_29_jul_18_2aBertempat di Aula Balitkabi, beberapa hari yang lalu Balitkabi menyambut kedatangan dua dosen yaitu Dr. Stephen Harper dan Dr. Karen Harper, 18 mahasiswa S1 dan satu mahasiswa S3 dari University of Queensland Australia (UQ) dengan pendamping Alan Soffan, S.P., M.Sc., Ph.D salah satu dosen pengajar di Departemen HPT UGM. Kunjungan tersebut merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan University of Queensland Summer Course at UGM 2018, yang merupakan kegiatan tahunan antara UQ dan UGM dengan Prof. Dr. Ir. Subandiyah M.Agr.Sc sebagai koordinator.

Selain Kepala Balitkabi Dr. Ir. Yuliantoro Baliadi, M.S. beberapa peneliti senior yaitu Dr. A.A. Rahmianna, Ir. Joko Susilo Utomo, M.P., Ph.D., Ir. Erliana Ginting, M.Sc dan Dr. Heru Kuswantoro, S.P., M.P. ikut serta dalam penerimaan kunjungan tersebut.

Informasi lengkap mengenai tupoksi, fasilitas, sarana dan prasarana, berbagai varietas unggul, teknologi budi daya, biopestisida dan pupuk hayati sampai dengan pengembangan produk olahan berbahan dasar akabi telah dipaparkan secara jelas oleh Dr. A. A Rahmianna, salah satu peneliti yang pernah mengenyam pendidikan di UQ. Tidak hanya informasi, beberapa produk olahan berbahan dasar akabi seperti keripik tempe, onde-onde ubi jalar, es krim ubi jalar serta sari kacang hijau turut menjadi suguhan menarik dalam kunjungan tersebut.

Setelah pemaparan dan diskusi, acara dilanjutkan dengan melihat pertanaman kedelai dan kacang tanah di visitor plot KP Kendalpayak. Dr. Stephen Harper terlihat sangat antusias dan berdiskusi langsung di lapang tentang hama pada tanaman akabi salah satunya yaitu hama kutu kebul (Bemisia tabaci) pada tanaman kedelai dan kacang tanah bersama dengan Kepala Balitkabi. Antusiasme yang tinggi juga terlihat saat melihat langsung prosesing benih kedelai di UPBS Balitkabi.

Kunjungan tersebut diharapkan dapat menjadi ajang pembelajaran bagi mahasiswa UQ, tidak hanya sebatas pertanian saja tetapi juga budaya serta pariwisata di Indonesia. Selain itu dari sisi institusi atau lembaga tentunya dapat menjadi ajang untuk menjalin komunikasi serta tidak menutup kemungkinan dapat menjadi pertimbangan untuk kerjasama lebih lanjut.

berita_29_jul_18_2b

Dr. Stephen Harper dan Dr. Karen Harper, melalui Alan Soffan, S.P., M.Sc., Ph.D mengungkapkan bahwa mereka sangat mengapresiasi dan terkesan atas penerimaan Balitkabi. Sebagai salah satu tim panitia kegiatan beliau merekomendasikan Balitkabi menjadi salah satu tujuan UQ Summer Course tahun depan.

Nyt