Berita » Halalbilhalal, Momentum Meningkatkan Kepedulian Kita

halalbilhalal-2

Setelah sebulan penuh kita umat Islam digodog dalam candradimuka Romadhon, tibalah hari bermaaf-maafan. Di hari yang fitri ini kepedulian harus lebih menjadi perhatian. Kalau ingin mendapatkan hidup yang lebih lapang, sehat walafiat, enak, dan bahagia dalam hidup, ada empat hal yang harus dilakukan, yaitu 1) Dalam kondisi apapun siap membantu orang, 2) Jangan mudah marah, 3) Memaafkan, 4) Introspeksi diri, itulah inti tausiah yang disampaikan KH. Lokh Mahfud dalam halalbilhalal di aula Balitkabi, Selasa (6/9) pagi.

 

  Jangan engkau meremehkan kebaikan. Kebaikan itu tidak harus mahal. Salah satu kebaikan yang dicontohkan Rosul adalah senyum. ”Senyummu pada saudaramu adalah sodakoh. Jangan engkau remehkan senyum”, urai ustadz jebolan Pondok Gontor Ponorogo ini.

”Senyum pada saudaramu adalah sodaqoh” tutur Ustadz Mahfud mengutip hadist Rosulullah S.A.W. Di waktu yang sama beliau menuturkan orang yang dekat dengan surga adalah peneliti. Hasil penelitiannya, seperti varietas unggul baru dimanfaatkan oleh masyarakat. Seperti firman Allah dalam QS. Ali Imron (160) yang artinya semua yang diciptakan di langit dan bumi dan apa yang terhampar di muka bumi hanya bisa ditangkap oleh mereka yang berfikir. Orang yang memikirkan sesuatu dengan sangat detail adalah para peneliti. Romadhon telah berakhir, kepedulian terhadap saudara-saudara harus kita tingkatkan. “Setelah sebulan penuh kita digembleng, kita dipaksa untuk lebih peduli. Di lingkungan rumah kepedulian kita wujudkan dengan tetangga dekat, sedangkan di kantor kepedulian diwujudkan pada saudara kita, yaitu teman-teman kita yang kurang mampu”, tutur Kepala Balitkabi, Dr. M. Muchlish Adie saat menyampaikan sambutannya. Selain itu Pak Muchlish menuturkan untuk lebih meningkatkan kinerja. ”Nilai kerja dan Etos kerja harus kita tingkatkan, ini adalah bentuk pengabdian diri kepada pemerintah” tutur Pak Muchlish. Halalbilhalal tidak hanya diikuti karyawan-karyawati Balitkabi termasukdari lima Kebun Percobaan. Acara yang penuh hikmah ini, juga dihadiri oleh wakil-wakil dari BPTP Jatim, Balittas, serta Muspika Kecamatan Pakisaji, dan Kepala Desa Kendalpayak.

Bersilaturahmi akan memanjangkan umur  

Memaafkan menambah jiwa dan raga menjadi sehat  

Suasana halalbilhalal di Aula Balitkabi 2011