Berita » Hasil Evaluasi RPTP/RDHP Balitkabi Tahun 2017

he

Evaluasi proposal RPTP/RDHP tahun 2017 di Balitkabi dilaksanakan tanggal 11–12 April 2016. Hari pertama dilakukan evaluasi masing-masing RPTP oleh evaluator dari Balitbangtan (Prof. Deciyanto) dan dari Perguruan Tinggi (Prof. Bambang Guritno). Pada hari kedua, disampaikan evaluasi proposal RPTP/RDHP 2017 Balitkabi oleh Kabid. PE Puslitbang Tanaman Pangan, Dr. I Nyoman Widiarta. Teknis pelaksanaan evaluasi proposal RPTP/RDHP tahun 2017 dirasa lebih efektif dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena ada komunikasi intensif antara evaluator dengan penanggung jawab RPTP/RDHP untuk perbaikan proposal.

Prof. Deciyanto sebagai evaluator dari Balitbangtan menyampaikan bahwa menyusun proposal terutama judul bukanlah pekerjaan mudah. Judul proposal RPTP/RDHP sebaiknya menginduk pada Program Strategis Kementerian Pertanian dan Renstra turunannya (Kementerian Pertanian, Balitbangtan, dan Puslitbangtan/Unit Kerja). Seluruhnya harus saling berkaitan, begitu pun dengan isi proposal itu sendiri, sampai dengan target/output, harus saling mendukung. Selain keselarasan judul RPTP/RDHP dengan program strategis Kementerian Pertanian, pembuatan roadmap juga menjadi sorotan dalam proses evaluasi. Prof. Deciyanto menambahkan bahwa roadmap harus memuat target dan hasil per tahun, sampai pada target akhir.

Kabid. PE Puslitbang TP juga memaparkan tentang konsep dan status penyediaan benih sumber dan benih sebar. Berdasarkan KEPMENTAN No. 726/Kpts/KB.020/12/2015, Balitbangtan ditugaskan untuk memproduksi benih sebar (ES) bermutu hingga tahun 2019 untuk percepatan diseminasi varietas. Hal ini dipenuhi melalui tiga kegiatan yaitu UPBS, Sekolah Lapang Desa Mandiri Benih dan kegiatan Diseminasi.

Pada akhir acara, Ketua Program Balitkabi, Dr. Gatut Wahyu Anggoro menyampaikan harapan terkait dengan sumberdaya genetik (SDG) agar mendapat perhatian yang lebih serius terutama dalam hal pendanaan karena SDG merupakan sumber materi kegiatan penelitian.

RA/PHP