Berita » Hasil Penelitian SDG Aneka Kacang dan Umbi diseminarkan pada Forum Biodiversitas

Peneliti Balitkabi turut berpartisipasi pada Seminar Nasional Biodiversitas dengan tema “Pengelolaan Keanekaragaman Hayati Melalui Penerapan Bioteknologi” yang diselenggarakan oleh Masyarakat Biodiversitas Indonesia (MBI) pada tanggal 4 November 2016, bertempat di Surakarta, Jawa Tengah.

Seminar diikuti oleh 239 peserta terdiri dari 126 pemakalah oral, 66 pemakalah poster, dan 47 peserta non pemakalah. Peserta seminar berasal dari 22 provinsi, terdiri dari 56 institusi (35 perguruan tinggi dan 21 lembaga penelitian) tersebar mulai dari Sumatera Barat hingga Papua.

Lima peneliti Balitkabi mempresentasikan makalah dengan judul:

  1. Evaluasi Ketahanan Klon-Klon Harapan Ubijalar Terhadap Hama Boleng (Cylas formicaris), oleh Ir. Sri Wahyuni Indiati, M.S.
  2. Jamur Hitam yang Berasosiasi dengan Penyakit Busuk Umbi Ubikayu di Lampung dan Jawa Timur oleh Ir. Mudji Rahayu, M.S.
  3. Penambahan Berbagai Jenis Bahan Pelindung Terhadap Virulensi Spodoptera Litura Nuclear Polyhedrosis Virus (SIPNV) JTM 97c untuk Mengendalikan Spodoptera litura (Lepidoptera: Noctuidae), oleh Drs. Bedjo, M.P.
  4. Keragaman Karakter Komponen Hasil SDG Kacang Hijau, oleh Ratri Tri Hapsari, M.Si., dan
  5. Identifikasi Plasma Nutfah Ubi Jalar dengan Kandungan Betakaroten, Antosianin, dan Potensi Hasil Tinggi, oleh Wiwit Rahajeng, S.P.

Acara seminar dibuka oleh Prof. Ir. Ari Handono Ramelan M.Sc. (Hons) Ph.D selaku Dekan MIPA UNS. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pelaksanaan seminar ini diharapkan dapat menjadi ajang berinteraksi antara para akademisi, peneliti, mahasiswa, konsultan, dan pembuat kebijakan untuk mendiskusikan upaya-upaya melindungi, mempertahankan, dan bahkan memperkaya keanekaragaman hayati dalam situasi kerusakan alam dan pembangunan industri yang berlangsung cepat. Dan diharapkan juga terjalin kerjasama penelitian antar kalangan akademik, praktisi, dan lembaga penelitian.

Agenda seminar nasional ini terdiri dari penyampaian makalah dari pembicara utama, presentasi oral dan presentasi poster. Pembicara utama dalam seminar ini adalah:

  1. Prof. Dr. Ir. Antonius Suwanto, M.Sc. (Guru Besar Genetika Mikroba, IPB)
  2. Dr. Ir. Ayu Dewi Utari (Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur), dan
  3. Prof. Dr. H. Sugiyarto, M.Si. (Guru Besar Biologi Konservasi, UNS).

8-11-16(2)

RTH/WR