Berita » Hilirisasi Inovasi Teknologi Komoditas Akabi melalui PP Darussalam Gontor

Pondok Pesantren (PP) DARUSSALAM Gontor Ponorogo didirikan tahun 1926, sudah mengakar di masyarakat dan mempunyai jaringan yang sangat kuat. Salah satu kurikulum yang diajarkan kepada santri adalah Kewirausahaan, Dakwah dan Kemasyarakatan.

Pada ulang tahun yang ke-90 tahun 2016, PP Darussalam menggelar berbagai acara dan salah satunya adalah Farm Field Day tanaman aneka kacang dan ubijalar menuju kedaulatan pangan nasional yang diadakan pada tanggal 7−8 September 2016. Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi yang mempunyai mandat utama pada komoditas tanaman aneka kacang dan umbi dipercaya untuk mengisi acara tersebut. Komoditas yang ditanam meliputi:

  1. Varietas unggul kedelai: Malika, Detam 2, Dega 1, Dena 1, Dering, Devon 1, Gepak Kuning, Gepak Ijo.
  2. Varietas unggul kacang hijau: Vima 1, Vima 2, Vima 3.
  3. Varietas unggul kacang tanah: Hypoma 1, Hypoma 2, dan Takar 1.
  4. Varietas unggul ubijalar: Antin 1, Antin 2, Antin 3, Beta 1, Beta 2, Beta 3, Sari, dan Kidal.

Gelar teknologi (geltek) berbagai varietas unggul kedelai, kacang hijau, ubijalar, dan kacang tanah dilaksanakan di Lahan Praktikum Agroteknologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Darussalam (Unida) yang berada di kompleks Unida.

Seusai membuka Konferensi Nasional Kedaulatan Pangan tanggal 7 September 2016, salah satu pimpinan PP Darussalam KH. Hasan Abdullah Sahal meninjau tanaman geltek didampingi oleh rektor Unida Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A., Ir. Baran Wirawan M.Sc. (Staf ahli Mentan bidang Tata Hubungan Kerja Lingkup Kementan), Dekan Fakultas lingkup Unida, Pimpinan DPRD Ponorogo bidang penyuluhan, dan Kepala Diperta Ponorogo.

13-9-16a

Pada kesempatan kunjungan lapang tersebut, Pimpinan PP Darussalam dan rombongan selain meninjau pertanaman di lapang juga melihat display benih dan mencicipi olahan makanan dari ubi-ubian yang dipamerkan di lapang.

Kunjungan lapang tersebut dipandu oleh Dr. Rudi Iswanto. Pak Kyai sangat tertarik dan terkesan dengan berbagai tampilan varietas unggul yang ada di lapang, dan juga makanan yang dicicipinya.

Beliau berpesan kepada pak Rektor Unida untuk menindaklanjuti dan melanjutkan kerjasama dengan Balitkabi utamanya untuk mengembangkan perbenihan dari varietas yang ditanam. Tak lupa titip pesan agar dilakukan pelatihan olahan bahan makanan berbasis ubi-ubian.

Pesan Pak Kyai tersebut akan ditindaklanjuti oleh Rektor Unida dan Dinas Pertanian. Pak Kyai mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Balitkabi.

13-9-16b

Pada tanggal 8 September 2016 diselenggarakan Farm Field Day. Unida mengundang 150 orang yang terdiri atas petani dan kelompok tani binaan Unida, PPL dan Diperta, serta mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Unida. Para peserta sangat senang dengan adanya peragaan varietas-varietas yang ditampilkan pada geltek tersebut.

Para pemandu lapang yang terdiri atas Dr. Novita Nugrahaeni, Dr. Rudi Iswanto, Joko Restuono, S.P., cukup sibuk melayani para pengunjung yang penuh antusias. Para pemandu pameran benih VUB di lapang (Dr. Runik D.P.R., Sriwahyuningsih, S.P., dan Kurnia Paramita, S.P.) juga tak kalah sibuknya melayani dan menjawab pertanyaan peserta. Pada kesempatan tersebut banyak peserta yang memesan benih kacang hijau dan kedelai varietas baru.

13-9-16c

Di tahun-tahun mendatang, kerjasama PP Darussalam khususnya Unida dengan Balitkabi akan lebih ditingkatkan. Acara yang diselenggarakan oleh pondok pesantren tersebut merupakan saluran inovasi yang sangat efektif dalam menunjang percepatan hilirisasi inovasi teknologi.

AT