Berita » Indonesia – China STI Forum

berita_28-11-17aKementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (RI) bersama Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Republik Rakyat Tiongkok (RRT) menyelenggarakan  Indonesia-China Science, Technology, and Innovation (STI) Forum di gedung D Kemenristekdikti pada tanggal 27 November 2017. Delegasi RRT terdiri dari Wakil Perdana Menteri RRT, Menteri Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi RRT, perwakilan perguruan tinggi dan lembaga penelitian. Delegasi Indonesia terdiri dari perguruan tinggi, LPNK, dan PUI, termasuk PUI Akabi.

Forum STI dibuka secara resmi oleh Menteri Ristekdikti. Wakil Perdana Menteri RRT (Liu Yandong) menyampaikan bahwa yang mampu menjawab kebutuhan saat ini adalah teknologi. Peneliti usia menengah menempati porsi populasi terbesar. Saat ini para peneliti muda mulai berkiprah dan memegang peran penting dalam memajukan ilmu pengetahuan untuk kepentingan umat manusia.

Forum STI RI – RRT telah dimulai sejak tahun 2015, dan forum saat ini dirancang untuk menyiapkan kerjasama 2018 – 2020. Sekaligus forum saat ini merupakan bagian dari 3th High Level Meeting People-to-People Exchange Mechanism (HLM-PEM-3) RI-RRT.

Forum STI RI – RRT, dan delegasi Shandong Academy of Agricultural Sciences

Forum STI RI – RRT, dan delegasi Shandong Academy of Agricultural Sciences

Delegasi dari Shandong Academy of Agricultural Sciences (SAAS) memiliki program untuk berkunjung ke Balitkabi, sebagai tindaklanjut kunjungan pada bulan Agustus 2017. Salah satu agenda kunjungan ke Balitkabi akan menyiapkan MoU antar dua lembaga riset. Semoga memberikan manfaat untuk kedua belah pihak.

MMA