Berita » Ingin Katrol Produksi Ubikayu, Bakorluh Lampung Kunjungi Balitkabi

16-lampung-3

Provinsi Lampung merupakan pemasok ubikayu terbesar di Indonesia. Dari tahun ke tahun luasan ubikayu terus mengalami peningkatan. Namun peningkatan luasan tersebut tidak diimbangi dengan peningkatan produksi. Hal ini disebabkan serangan hama dan penyakit yang tidak lagi terkendali. Untuk itu, dalam rangka meningkatkan produktivitas dan kualitas ubikayu, maka Sekretariat Badan Koordinasi Penyuluh Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Provinsi Lampung mengadakan kunjungan ke Balitkabi.

Dalam kunjungan ini, Ir. Sudjadi  pimpinan rombongan mengungkapkan permasalahan yang saat ini dialami petani ubikayu di Lampung. “Saat ini produktivitas ubikayu di Kabupaten Teluk Bitung mengalami penurunan, berbagai kendala di lapang dihadapi petani, hama penyakit merupakan faktor utama penyebab kemerosotan produksi”,  kata Pak Sudjadi  saat menyampaikan sambutan di awal kunjungan, Selasa (13/3/2012) di Aula Utama Balitkabi.

Para tamu yang terdiri dari penyuluh, staf dinas pertanian  dan petani tersebut diterima oleh  Prof. Dr. Nasir Saleh, peneliti hama penyakit tanaman dan Ir. Budhi Santoso Radjit, MS, peneliti ekofisiologi. Ir. Budhi Santoso Radjit memaparkan materi budi daya ubikayu, disusul oleh Prof. Dr. Nasir Saleh yang menyampaikan materi  hama penyakit pada ubikayu.

Prof. Dr. Nasir Saleh (memegang mikrofon) memaparkan materi “Hama dan Penyakit pada Ubikayu”

Sebelumnya rombongan yang berjumlah 55 orang tersebut diterima oleh Ir. Achmad Winarto, Staf Jasa Penelitian yang menyampaikan pengenalan tugas dan fungsi Balitkabi, termasuk bagaimana mendapatkan benih sumber yang dikelola oleh Unit Pengelolaan Benih Sumber (UPBS) Balitkabi.