Berita » Inisiasi Kerjasama dengan Syngenta Foundation

Balitkabi sebagai lembaga riset telah menghasilkan berbagai produk riset yang seharusnya segera dimanfaatkan oleh pengguna. Tanggal 1 Maret 2017, Program Director dari Syngenta Foundation for Sustainable Agriculture di Indonesia yaitu Teddy H. Tambu, berkunjung ke Balitkabi dalam rangka mendiskusikan hasil riset komoditas aneka kacang dan umbi, serta mengidentifikasi produk riset yang berpotensi dikerjasamakan untuk meningkatkan pendapatan petani. Diskusi dilakukan bersama dengan Bambang Sri Kuncoro (Seksi Jasa Penelitian) dan Pemulia Kedelai (Ayda Krisnawati dan Muchlish Adie).

Kepala Balitkabi, Dr. Joko Susilo Utomo, menyampaikan terima kasih atas kunjungan tersebut dan mengharapkan ada tindaklanjut penelitian yang dilakukan bersama, muaranya adalah pada peningkatan produktivitas dan pendapatan petani. Disampaikan oleh Teddy H. Tambu bahwa Syngenta Foundation merupakan lembaga yang bersifat non-profit dan independen. Aktifitasnya telah dlakukan di beberapa negara seperti Afrika (Nigeria dan Kenya), India, Banglades, Vietnam, juga Indonesia. Prinsip peningkatan pendapatan petani difokuskan pada akses teknologi, mekanisasi, dan irigasi.

Kepala Balitkabi dengan Program Director Syngenta Foundation.

Kepala Balitkabi dengan Program Director Syngenta Foundation.

Kunjungan ke UPBS.

Kunjungan ke UPBS.

Program dari Syngenta Foundation yang telah berhasil di Indonesia adalah pembentukan produsen bibit kentang. Pada diskusi di Balitkabi disepakati untuk melakukan riset tentang perakitan varietas kedelai di Indonesia melalui introduksi dari beberapa negara yang memiliki sumber gen kedelai yang dianggap potensial dikembangkan di Indonesia. Program riset bersama tersebut akan disiapkan payung kerjasama oleh kedua belah pihak. 

MMA