Berita » Inisiasi Kerjasama Pengembangan Benih Tanaman Porang Varietas Madiun 1

Peneliti Balitkabi pada pertemuan inisiasi kerjasama porang

Peneliti Balitkabi pada pertemuan inisiasi kerjasama porang

Setelah dilepasnya varietas porang Madiun 1, pada bulan Juli tahun 2020, semakin hari permintaan tanaman porang semakin banyak jumlahnya. Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si. mengarahkan untuk mempercepat program perbanyakan benih tersebut. Menyambut arahan ini, Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian (BPATP) melaksanakan virtual meeting terkait rencana pengembangan benih porang varietas Madiun 1 pada hari Senin tanggal 15 Februari 2021. Pihak-pihak yang turut serta dalam diskusi antara lain Puslitbangtan, Balitkabi, BB Biogen, dan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Madiun.

Dr. Ir. Ketut Gede Mudiarta, M.Si. selaku Kepala BPATP menyampaikan, untuk mendukung percepatan perbanyakan benih porang, teknologi kultur jaringan menjadi salah satu pilihan metode perbanyakan. BB Biogen telah memiliki formula metode kultur jaringan yang terdaftar paten dengan judul “Formula Media Kultur Jaringan Porang dan Proses Pembuatannya”. Formula ini akan digunakan pada program perbanyakan tersebut menggandeng dua calon mitra yang berminat untuk ikut serta mengembangkan benih porang.

Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Madiun selaku pemilik varietas, memberikan saran-saran untuk kelancaran program. Pada dasarnya, permohonan izin penggunaan varietas bisa dilaksanakan, akan tetapi diperlukan kecermatan dan ketelitian untuk mengembangkan benih dalam jumlah yang sangat banyak melalui teknologi kultur jaringan. Perbanyakan secara besar-besaran dan terus menerus memiliki kemungkinan adanya penyimpangan genetis dan tidak menghasilkan umbi. Selain itu, pelepasan hasil kultur jaringan rentan terhadap kondisi di lapangan. Balitkabi sendiri siap mendukung program ini, terutama bidang teknis seperti penyiapan bahan tanam. Semoga program pengembangan benih porang berjalan dengan baik dan memenuhi permintaan pasar.

porang1 porang2
Pembahasan perbanyakan benih porang, termasuk Diperta Madiun

AA