Berita » Inotek Akabi Siap Ramaikan Pentas PENAS XVI 2020 SUMBAR

 

Lokasi Geltek Inotek Akabi di Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat Penas XVI 2020

Lokasi Geltek Inotek Akabi di Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat Penas XVI 2020

Berlokasi di di areal Asrama Haji Padang Pariaman, wilayah Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (posisi ordinat -0.769091, 100.312360), kembali Balitkabi akan menampilkan inovasi dan teknologi unggul komoditas aneka kacang dan umbi.

Awal Maret hingga pertengahan Maret Ir. Abdullah Taufiq, M.P. bersama teknisi berpengalaman Suyitno memulai tanam komoditas akabi yang akan ditampilkan dalam geltek Penas bulan Juni mendatang. Dengan dukungan penuh Kepala Balitkabi, Dr. Yuliantoro Baliadi, seluruh peneliti akabi di PUI-Akabi, Balitkabi , Kepala Puslibantan Dr. Haris Syahbuddin, DEA serta selalu mengikuti arahan Kepala Balitbangtan Dr. Fadjry Djufry untuk menunjukkan inovasi terbaik akabi mendukung program strategis Kementan di bawah kepemimpinan Dr. Syahrul Yasil Limpo mewujudkan Pertanian Maju Mandiri dan Modern.

Pada lahan seluas 1,4 ha yang terdiri dari 6 petak lahan disiapkan untuk : (1) lahan untuk komoditas ubi jalar, (2) lahan untuk komoditas bengkoang, (3) lahan untuk komoditas kedelai Dega 1 dan kacang tunggak, (4) lahan untuk komoditas kacang tanah, (5) lahan untuk komoditas kacang hijau, dan (6) lahan untuk geltek Balitkabi (dialokasi untuk komoditas kedelai, kacang tanah dan kacang hijau).

Topografi lahan yang datar memudahkan pengelolaan tanaman, tetapi bila drainase lahan kurang baik akan menyebabkan air hujan sulit dibuang. Oleh karena saluran drainase harus dibuat lebih banyak pada setiap petak. Dukungan instalasi pengairan menggunakan pipa yang mengambil sumber air dari sungai menyulitkan penyiraman karena harus menyambung dengan selang, dan untuk lahan yang luas membutuhkan banyak tenaga dan waktu. Oleh karena itu, perlu diinstalasi pengairan menggunakan water canon atau dengan springkler.

Enam varietas ubi jalar (Antin 3, Sawentar, Beta 2, Sari, Kidal, dan Sukuh) telah selesai ditanam pada 11 Maret 2020. Pemberian pupuk kandang dan dolomit dilakukan setelah tanam.

Tidak kalah menarik adalah penanaman bengkoang yaitu klon 20, klon 52, klon 136, serta bengkoang lokal Pariaman. Setelah penanaman, benih ditutup dengan pupuk kandang dan dolomit.

Persiapan lahan untuk komoditas kacang tanah, kedelai, kacang hijau, kacang tunggak telah disiapkan, demikian pula rencana pembangunan saung Balitkabi telah dibuat. Lahan untuk semua komoditas selesai disiapkan dan tinggal menunggu tanggal tanam sesuai umur tanaman yang diinginkan pada saat pelaksanaan Penas.

Harapan bersama adalah di puncak acara Penas 2020, geltek inotek akabi dapat tumbuh baik, memberikan manfaat bagi perwakilan petani nelayan dari seluruh wilayah Indonesia.

Kegiatan observasi lahan bersama koordinator lapang geltek Penas

Kegiatan observasi lahan bersama koordinator lapang geltek Penas

Pembuatan guludan untuk ubi jalar

Pembuatan guludan untuk ubi jalar

Penanaman ubi jalar

Penanaman ubi jalar

Aplikasi pupuk organik + dolomit

Aplikasi pupuk organik + dolomit

Lahan geltek kacang-kacangan

Lahan geltek kacang-kacangan

Ploting Lahan geltek kacang-kacangan

Ploting Lahan geltek kacang-kacangan

AT/RDP