Berita » International Conference On Biodiversity

International Conference on Biodiversity (ICB) oleh Society for Indonesian Biodiversity dilaksanakan di Solo pada tanggal 4‒6 November 2016 bertemakan Ecosystem diversity innovates diversity of local knowledge on conservation and sustainable use. ICB dibuka secara resmi oleh Ketua ICB yaitu Prof. Drs. Sutarno, M.Sc. PhD.

Peneliti Balitkabi menyampaikan makalah pada seminar tersebut, baik sebagai pemakalah oral maupun poster yang tersebar pada kelompok genetic diversity (7 makalah), diversity of species (4 makalah), diversity of ecosystem (1 makalah), dan bioscience (6 makalah).

Pemakalah utama pada ICB di Solo adalah Prof. Drs. Sutarno, M.Sc. PhD (Indonesia) dengan judul Biodiversity for prosperity in global and climate change, dan Prof. Dr. Mashhor Mansor dari Malaysia yang menyampaikan Local knowledge on conservation and sustainable use of Malaysian wildlife.

Penyampaian makalah utama dan peserta ICB di Solo.

Penyampaian makalah utama dan peserta ICB di Solo.

Ketua ICB menyampaikan pada saat pembukaan bahwa Indonesia berpenduduk besar dan kaya keragaman genetik namun diikuti pula oleh besarnya penduduk (15%) yang masih berpendapatan di bawah 1 US$/hari. Salah satu penyebabnya adalah belum termanfaatkannya kepemilikan biodiversitas.

Ancaman globalisasi dan perubahan iklim terhadap biodiversitas semakin besar, belum lagi ancaman politik dan sosial. Sudah saatnya memanfaatkan biodiversitas dengan menggunakan pendekatan teknologi yang lebih tinggi misalnya bioteknologi. Hilirisasi sangat diperlukan akan manfaat keragaman genetik. Bonus demografi harus dioptimalkan agar masyarakat mendapatkan nilai tambah ekonomi dari kepemilikan biodiversitas.

MMA