Berita » IP2TP Muneng Berbenah Diri

Wajah baru IP2TP Muneng

Wajah baru IP2TP Muneng

Dahulu dikenal sebagai Kebun Percobaan (KP) Muneng, sekarang menjadi Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Muneng, yang berada di Desa Muneng Kidul, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, berlokasi tepat di samping jalan tol PasPro (Pasuruan-Probolinggo).

IP2TP Muneng memiliki karakteristik lahan kering beriklim kering di dataran rendah (10 mDPL) dengan curah hujan dan kelembaban udara paling rendah serta suhu udara paling tinggi dibandingkan empat IP2TP Balitkabi lainnya (IP2TP di Kendalpayak, Jambegede, Ngale dan Genteng).

Sejak menempati gedung baru dengan luas 1,5 ha sekitar satu tahun yang lalu, IP2TP  Muneng terus berbenah diri. Kantor yang berdiri megah dengan fasilitas pendukung lahan percobaan, rumah dinas koordinator kebun, mess, guest house, mushola, gudang mekanisasi yang memuat dua traktor besar, satu traktor mini, dan satu hand traktor, gudang prosesing, ruang penyimpanan benih, serta laboratorium, hingga kini masih memerlukan pembenahan. Seperti yang terlihat pada Jum’at, 10 Juli 2020, Sri Ayu Dwi Lestari, S.P, M.Si sebagai koordinator IP2TP menggerakkan 16 orang ASN, empat orang tenaga PPNPN, dua orang honorer, tujuh personil keamanan, serta 48 orang tenaga harian, melakukan kerja bakti Jum’at bersih di lingkungan kantor serta menanam tanaman mangga dan jeruk di sekitar kantor.

Gedung dengan ciri khas atap menjulang serta kolam pendingin memanjang di sepanjang gedung di kedua sisi dirancang untuk mendinginkan udara secara natural, karena suhu udara di Muneng relatif tinggi. Tanaman pohon di sekitar kantor tentu saja akan ikut menyumbang udara segar dan bersih. Bahkan kolam pendingin di kedua sisi gedung telah ditebari benih ikan nila dalam kurun 6-7 bulan siap untuk dipanen. Inilah konsep green building di IP2TP Muneng yang akan memacu kinerja inovasi teknologi akabi mendukung pertanian maju, mandiri, dan modern.

Pada tahun anggaran 2020 kegiatan penelitian di IP2TP Muneng diantaranya penelitian pemuliaan tanaman, ekofisiologi, produksi benih sumber dengan komoditas kedelai, kacang hijau, ubi kayu juga jagung. Dengan jenis tanah Alfisol, tekstur cukup remah, mudah diolah serta didukung oleh sumur pompa, lahan di IP2TP Muneng cocok untuk budi daya komoditas tanaman pangan seperti aneka kacang dan umbi juga serealia. Karakteristik lain dari IP2TP ini menjadi lahan endemik hama ulat grayak dan kutu kebul, sehingga penelitian lapang pengujian ketahanan varietas terhadap kedua hama tersebut sering ditempatkan di IP2TP ini.

Dengan dukungan SDM kompeten, sarana dan prasarana yang lengkap, IP2TP Muneng siap mendukung kegiatan penelitian dan pengkajian teknologi pertanian serta produksi benih untuk memenuhi tupoksi Balitkabi menghasilkan inovasi teknologi akabi serta penyumbang PNBP.

Pintu Gerbang

Pintu Gerbang

muneng3

Gedung kantor

Mushola Kolam pendingin muneng6
Mushola Kolam pendingin

Gudang prosesing

Gudang prosesing

Gudang prosesing dan Lantai Jemur

Gudang prosesing dan Lantai Jemur

muneng13

Gudang Mekanisasi

muneng8

Rumah Kaca

Ruang penyimpan benih muneng10 muneg11
Ruang penyimpan benih  Lahan penelitian

SAR/SADL/RDP