Berita » IP2TP Muneng: Mendiseminasikan Tanaman Akabi

Visitor plot VUB kacang hijau

Visitor plot VUB kacang hijau

Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Muneng yang berada di Desa Muneng Kidul, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, merupakan salah satu dari lima IP2TP yang dimiliki Balitkabi Balitbangtan. Fungsi IP2TP selain sebagai konservasi sumberdaya genetik, penelitian dan pengkajian, produksi benih, juga bermakna sebagai wahana visualisasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan agrowidyawisata.

Saat ini, IP2TP Muneng sedang berbenah diri menuju IP2TP unggul dan modern. Salah satunya adalah dengan mendiseminasikan komoditas mandat Balitkabi. Diseminasi komoditas mandat dilakukan dengan memanfaatkan lahan-lahan disekeliling IP2TP.  Sementara ini di lapang diperagakan sebanyak 46 varietas aneka kacang dan umbi (15 varietas kedelai, 6 varietas kacang hijau, 6 varietas kacang tunggak, 4 varietas ubijalar), dengan total luasan sebanyak 0,25 ha. Peragaan berbagai varietas tersebut diharapkan akan menjadi media pembelajaran bagi penyuluh, petani, bahkan untuk mahasiswa dan siswa.

Sebagai contoh, pada saat ini, mahasiswa magang dari Fakultas Pertanian Universitas Panca Marga (Probolinggo) memanfaatkan beberapa peragaan varietas akabi sebagai media pembelajaran. Didampingi oleh Teknisi IP2TP Muneng, mahasiswa mendapatkan pemahaman terhadap keragaan beberapa varietas akabi. Memang pada tahun-tahun sebelumnya, pada saat sebelum pandemi Covid-19 seperti saat ini, kegiatan visitor plot maupun pertanaman produksi benih dan penelitian selalu menjadi objek kunjungan penyuluh, petani bahkan dari siswa-siswi TK dan SD disekitar IP2TP Muneng. Semoga IP2TP Muneng semakin terdepan dan terpercaya dalam menyampaikan diseminasi inovasi Balitbangtan.

SAR/SADL (IP2TP Muneng)

muneng2 muneng4 muneng5
Peragaan lapang tanaman kacang tanah, kacang tunggak, dan kedelai
munneg6 muneg6
Mahasiswa magang di IP2TP Muneng