Berita » Jangan Hanya Jualan Jamu

Rapat Kerja Puslitbang TP dilaksanakan di BB Padi 12–14 Maret 2015 bertemakan Program dan tatakelola Puslitbang Tanaman Pangan TA 2015 mendukung upaya khusus peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai untuk mencapai swasembada dan kedaulatan pangan, ditutup secara resmi oleh Sekretaris Balitbangtan pada 14 Maret 2015.

Target swasembada tanaman pangan (PJK) menjadi mandat Pusitbang TP. Walaupun demikian seluruh jajaran Balitbangtan harus selalu siap mensukseskannya. Harus diakui komoditas padi diposisikan pada prioritas tertinggi. BB Padi harus siap dengan segala teknologi inovasinya, dan selalu siap kedatangan tamu untuk bertanya dan memberikan dukungan.

Pada suatu saat nanti, dan tidak akan terlalu lama, Balitsereal dan Balitkabi harus juga siap menyongsong peningkatan produksi jagung dan kedelai. Harus disiapkan temuan terbarunya, siap dengan sarana prasarananya, siap menerima tamu.

Pada saat berdiskusi, tunjukkan produk yang sudah dihasilkan, buktikan dengan kajian ilmiah yang benar. Bukan hanya berjualan jamu saja, tetapi ada latarbelakang kelimuwannya yang kuat dan benar. Benih harus diperkuat dan disediakan, berapa banyak penangkar yang ada sekarang.

Karakteristik kedelai apa yang diminati industri tahu dan tempe. Kedelai merupakan secondary crop, tidak punya lahan sendiri. Hal ini tantangan yang harus dijawab dan diselesaikan.

Penutupan Raker Puslitbang TP 2015 di BB Padi

Penutupan Raker Puslitbang TP 2015 di BB Padi

Sekretaris Balitbangtan juga menyampaikan bahwa suatu saat prioritas PJK akan menurun dan akan digantikan komoditas strategis lainnya. Perlu ditata dan disiapkan hal tersebut sejak sekarang. Nampaknya juga masih diperlukan konsorsium yang mengarah kepada penguatan penelitian yang terkait dengan GMO.

Memang konsorsium harus mampu menjawab tantangan terkini, cepat, dan efisien. Kebun Percobaan juga merupakan aset penting Balitbangtan. KP harus dikelola secara profesional, juga harus diperhatikan konstribusi PNBPnya. Miris juga, KP dengan lahan luas mengapa masih mengajukan anggaran perbaikan irigasi.

ASP dan ATP telah menjadi program Bapennas. Gampangnya produktivitas naik, pendapatan petani harus naik. Pada akhir arahannya, Sekretaris Balitbangtan, mewanti-wanti tentang komoditas jagung dan kedelai. Harus disiapkan dan harus bergerak cepat.

MMA