Berita » Jangan Start dari Nol, Buatlah Lompatan Inovasi Teknologi!

Dengan semangat yang menggebu, Kepala Balitbangtan Dr. Ir. M. Syakir, M.Sc. mampu membuat semua hadirin terpaku. Dalam lawatannya ke Balitkabi Rabu 5 April 2017, Beliau memacu kita semua untuk memiliki keyakinan yang kuat dan mampu melakukan lompatan inovasi untuk mencapai swasembada.

Didepan seluruh pegawai Balitkabi dan Kepala UPT Balitbangtan lingkup Malang Raya dan Pasuruan, Dr. Syakir memberikan motivasi untuk tetap bersemangat dan jangan pesimis. Harmonisasi dalam inovasi penting dilakukan. Peneliti harus bersatu, saling bahu-membahu dalam mensinergikan teknologi yang dimiliki agar inovasi yang dihasilkan tidak hanya berakhir dipublikasi saja, tetapi juga memberikan dampak besar secara sosial dan ekonomi. “Keraguan adalah awal kegagalan”, ungkap Dr. Syakir.

dsc_8518

Strategi percepatan inovasi harus sudah mulai didesain dari awal dan dikawal dengan baik. Kita harus memiliki keberanian, keluar dari ritual scientific yang biasa-biasa saja. “Jangan membuang waktu dengan memulai penelitian dari nol jika tidak ingin tertinggal,” tambah Dr. Syakir. Teknologi yang sudah ada, kita modifikasi dengan pendekatan baru. Yang tidak kalah penting, kearifan lokal juga jangan ditinggalkan, teknologi yang kita miliki bandingkan dengan teknologi eksisting yang sudah ada. “Harmonisasi teknologi yang dihasilkan harus berani dicoba dalam skala luas,” tantang Dr Syakir.

Pada akhir acara, Kepala Balitkabi Dr. Joko Susilo Utomo menyampaikan bahwa pada tahun 2017, Balitkabi telah merencanakan dengan baik tiga kegiatan strategis pengembangan kedelai, yaitu di lahan pasang surut, lahan kering, dan lahan di bawah naungan. Ketiga kegiatan tersebut didanai oleh KP4S, dan akan dicoba dalam skala luas sekitar 50 ha. “Motivasi yang diberikan hari ini sangat luar biasa, semoga karyawan/karyawati Balitkabi dapat semakin meningkatkan kinerjanya,” pungkas Dr. Joko.

dsc_8511

 

RTH/KN