Berita » Jelang Panen dan Temu Lapang Kedelai di Kabupaten Aceh Timur

Koordinasi dengan Dinas Pertanian dan Badan Penyuluhan Kabupaten Aceh Timur (kiri). Teriknya mentari tidak menyurutkan Tim Balitkabi melakukan survei lapangan untuk penetapan lokasi panen dan temu lapang (kanan).

Gerakan Tanam Kedelai Nasional (GTKN) tahun 2013 telah di-launching oleh Menteri Pertanian di Desa Peunarun Baru, Kecamatan Peunarun, Kabupaten Aceh Timur pada tanggal 15 Desember 2012. Badan Litbang Pertanian menindaklanjuti launching tersebut dengan menginisiasi dilakukannya produksi benih kedelai di daerah tersebut dengan memberikan bantuan benih unggul, sarana produksi, dan pengawalan teknologi. Pada musim tanam Desember 2012 hingga Maret 2013 telah ditanam kedelai seluas 10 ha pada kawasan lahan kering, yang diproyeksikan akan menjadi salah satu sumber benih untuk mendukung pengembangan kedelai tahun 2013. Varietas yang ditanam adalah Anjasmoro, Argomulyo, Grobogan, Burangrang, dan Sinabung. Kawasan ini merupakan kali pertama ditanami kedelai. Petani merasa puas dengan keragaan pertanaman kedelai, dan mereka juga sangat antusias sehingga akan menanam lagi pada tahun ini.

Koordinasi dengan Dinas Pertanian dan Badan Penyuluhan Kabupaten Aceh Timur (kiri). Teriknya mentari tidak menyurutkan Tim Balitkabi melakukan survei lapangan untuk penetapan lokasi panen dan temu lapang (kanan).

Tanggapan pemerintah Aceh Timur dan masyarakat setempat terhadap kegiatan ini sangat baik. Luas pertanaman kedelai di wilayah ini tahun 2010 hingga 2012 sekitar 1.300 ha, dan pada tahun 2013 telah diprogramkan akan dikembangkan seluas 18.000 ha pada lahan sawah tadah hujan. Menilik antusiasme daerah untuk terus menggelorakan GTKN ini, Badan Litbang Pertanian hari ini Rabu (27/3) menyelenggarakan temu lapang dan panen kedelai oleh Bupati Aceh Timur. Kegiatan temu lapang akan dihadiri oleh sekitar 100 petani di Kecamatan Peunarun, 60 PPL dan Mantri Tani Kabupaten Aceh Timur, para pejabat eselon II Kabupaten Aceh Timur beserta staf dan para tokoh masyarakat.

Salah seorang petani dengan bangga menunjukkan keragaan pertanaman kedelainya yang sudah siap dipanen (kiri). Pertanaman kedelai yang sudah siap dipanen pada 27 Maret 2013 (kanan).

Untuk menyiapkan acara panen dan temu kapang tersebut, Tim Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian (Balitkabi) melakukan koordinasi dengan Sekretaris Daerah, Dinas Pertanian TPH, serta Badan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Aceh Timur termasuk melakukan survei lapangan untuk menetapkan obyek tanaman yang akan dipanen dan penetapan lokasi pertemuan. Dari hasil observasi lapangan, ditetapkan lokasi pertemuan sekitar 50 m dari pertanaman kedelai yang akan dipanen. Dalam kegiatan panen, Bupati Aceh Timur akan didampingi sekitar 9 orang Muspida, tokoh masyarakat, dan DPRD, serta 2 orang pejabat dari Badan Litbang Pertanian.

Usai survei lapang: dari kiri A.Taufiq, Gatut WAS, Cipto P (Balitkabi), Ade (petani), Jumali (PPL).

Semoga kegiatan ini akan membawa dampak positif terhadap perkembangan kedelai serta meningkatkan pendapatan petani di wilayah Aceh Timur. Semangat para pemangku kebijakan dan petani di wilayah ini dalam mengembangkan kedelai patut mendapatkan dukungan dari Badan Litbang Pertanian. Momen ini tidak boleh disia-siakan, dan oleh karenanya keberadaan tim Balitkabi di Aceh Timur untuk mengawal kegiatan ini disambut gembira oleh Bupati Aceh Timur beserta jajarannya.

AT/GW/AM/AW