Berita » Jelang Re-akreditasi Jurnal, Balitbangtan Adakan Workshop Pengelola E-Jurnal

ojsTerbitan Berkala Ilmiah (TBI) merupakan wadah bagi peneliti dan perekayasa untuk menyampaikan dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian. Diperlukan media publikasi yang profesional agar hasil-hasil penelitian tersebut dapat tersampaikan tepat waktu. Balitbangtan memiliki 31 jurnal yang dikelola oleh UK/UPT dibawahnya. Dari jumlah tersebut, 22 jurnal telah terakreditasi dan 18 diantaranya akan melakukan akreditasi ulang pada tahun ini.

Menjelang re-akreditasi tersebut, Balitbangtan menyelenggarakan “Workshop Pengelola Jurnal Elektronik untuk Terbitan Berkala Ilmiah Lingkup Balitbangtan”. Acara ini merupakan tindak lanjut dari Temu Koordinasi Pengelola Terbitan Berkala Ilmiah yang telah dilakukan dua minggu sebelumnya di Ruang Rapat Puslitbangtan.

Acara workshop yang diselenggarakan di Sentul-Bogor pada tanggal 12−14 Februari 2018, dihadiri oleh sekitar 60 orang pengelola jurnal, termasuk dua orang pengelola Buletin Palawija dari Balitkabi. Acara dibuka oleh Kepala Bagian Perencanaan, Dr. Ir. Ketut Gede Mudiarta M.Si. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa jurnal terakreditasi merupakan masa depan bagi peneliti. Banyaknya jumlah terbitan berkala ilmiah yang terakreditasi di bawah Balitbangtan, merupakan suatu kebanggaan dan harus dipertahankan demi kelangsungan fungsional peneliti bidang pertanian. Harapannya, dengan kegiatan workshop ini status akreditasi tetap dapat dipertahankan dan karya tulis ilmiah yang masuk lebih berkualitas.

ojs1

Prof. (Riset) Dr. Ir. Supriyadi, M.Sc, peneliti senior dari Balitro yang juga merupakan anggota tim penilai terbitan berkala ilmiah, didaulat sebagai salah satu nara sumber. Melalui pemaparannya, anggota dewan redaksi yang hadir diberikan saran dan masukan, terutama berkaitan dengan hal-hal teknis, agar jurnal elektronik yang dikelolanya mendapat nilai yang mencukupi untuk lolos akreditasi. “Setiap menu yang ada pada tampilan laman jurnal harus dapat terbuka link-nya”, pesan Prof. Supriyadi. Hal ini harus diperhatikan karena penilaian akreditasi jurnal sekarang berbasis elektronik.

Berkaitan dengan akreditasi Open Journal System (OJS), Balitbangtan juga mengundang Deden Sumirat Hidayat, M.Kom (Pusat Penelitian Biologi, LIPI) dan Andre Agro Rahman (Pusbindiklat LIPI) sebagai narasumber. Keduanya merupakan Staf Pengembangan Penilaian Elektronik Jurnal di LIPI. Banyak hal-hal teknis yang diberikan agar tampilan laman OJS dapat optimal saat penilaian.

Semoga, setelah mengikuti kegiatan workshop ini, akreditasi terbitan berkala ilmiah tetap dapat dipertahankan dan jurnal-jurnal yang belum terakreditasi bisa mendapatkan status akreditasinya, termasuk Buletin Palawija yang dikelola Balitkabi.

ApS/AbS