Berita » Julukan untuk Varietas Kedelai Lokal

Varietas lokal Jepang Putih di Banyuwangi,17 Sept 2020

Varietas lokal Jepang Putih di Banyuwangi,17 Sept 2020

Indonesia memiliki beragam varietas lokal kedelai dengan beragam pula penjulukannya antar wilayah. Tak terkecuali di sentra produksi kedelai di Jawa Timur yakni Banyuwangi, terdapat penamaan terhadap salah satu varietas lokal kedelai, disebutnya varietas Jepang Putih, yang hingga saat ini masih ditanam oleh sebagian petani.

Penjelasan gamblang terhadap varietas kedelai lokal Jepang Putih diperoleh dari Penyuluh Pertanian senior Purwoharjo Banyuwangi yakni Bapak Hanan. Dituturkan, selain varietas lokal Martoloyo, Jepang Putih masih banyak ditanam petani. Jepang Putih berbiji dua dalam satu polong, berbeda dengan Baluran yang isinya 3 biji per polong. Memang Jepang Putih memiliki bulu pada batang berwarna putih, daun agak lemas dan berwarna hijau muda. Warna kulit bijinya kuning muda dan agak pucat, berbeda dengan Baluran yang kulit bijinya berwarna kuning. Konon, perbedaan warna kulit ini, menyebabkan harga jual Jepang Putih lebih murah dibandingkan dengan Baluran, dipertegasnya bukan karena perbedaan ukuran bijinya. Ciri yang lain, kulit polong Jepang Putih lebih tebal, sehingga, jika panen dilakukan terlambat pada pertanaman musim penghujan, menyebabkan banyak biji yang tumbuh sebelum dipanen.

Pak Hanan membandingkan hamparan Jepang Putih dan Baluran di lapang. Walaupun terlihat populasi Jepang Putih lebih padat dibandingkan Baluran, namun hasilnya nanti akan sama, yakni sekitar 2,0 t/ha. “hasil yang demikian sudah biasa di kawasan Glagah Agung (Purwoharjo) disini,” tegas pak Hanan. Menutup obrolan di lahan, keunggulan dari Jepang Putih adalah lebih tahan kekeringan dan lebih tahan naungan dibandingkan dengan Baluran.

Diakui, memang varietas lokal seringkali memiliki keunggulan yang bukan pada produktivitas hasil bijinya, namun menyimpan keunggulan yang lain. Taruhlah, varietas Gepak Ijo asal varietas lokal Ponorogo yang telah dilepas menjadi VUB, keunggulannya ada pada tingginya rendemen tahu dan kesesuaiannya untuk bahan baku taoge. Apapun varietasnya, semoga petani tetap bergairah menanam kedelai.

Hamparan varietas lokal Jepang Putih

Hamparan varietas lokal Jepang Putih di Banyuwangi

Hamparan varietas Baluran di Banyuwangi, 2020

Hamparan varietas Baluran di Banyuwangi, 2020

MMA