Berita » Ka Balitbangtan: Perlu Percepatan Inovasi Teknologi untuk Kesejahteraan Petani

rakerpuslitRapat kerja Puslitbang Tanaman Pangan dengan mengusung tema “Mendaratkan Inovasi Litbang Tanaman Pangan untuk Mewujudkan Swasembada Pangan Nasional Berkelanjutan” diselenggarakn di Bogor, tanggal 7–9 Juli 2017. Raker dibuka oleh Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. M. Syakir. Raker diikuti oleh kurang lebih 130 peserta dari Puslitbang Tanaman Pangan, BB Padi, Balitkabi, Balitsereal, Lolit Tungro, IRRI, CIP, FKPR, dan tamu undangan lain.

Dalam sambutan Dr. M. Syakir menekankan terminal akhir teknologi harus bermanfaat bagi rakyat dan petani secara sosial ekonomi. Dalam mendaratkan teknologi, kita harus mengetahui teknologi apa saja yang akan didaratkan, bagaimana metodenya, berapa kecepatan dan ketepatan pendaratannya. Badan Litbang Pertanian harus menghasilkan paket teknologi. Hampir semua penelitian kita menggunakan kontrol nol, seharusnya kontrolnya adalah teknologi yang selevel dengan hasil penelitian eksisting. Secara sosial ekonomi apakah penelitian litbang signifikan, karena penelitian tersebut ditunggu untuk diadopsi petani.

Potensi peneliti litbang sangat besar namun hingga saat kini masih belum sepenuhnya dioptimalkan. Penelitian tidak harus dari awal, tetapi harus lebih baik dari penelitian-penelitian yang sudah ada. Kecepatan dalam menghasilkan dan kecepatan menyalurkan teknologi harus berimbang. Jangan ada ketimpangan oleh karena itu perlu dilakukan upaya penderasan penyaluran teknologi agar cepat ditangkap oleh petani dan bermuara pada masalisasi inovasi teknologi. Percepatan menghasilkan inovasi sekaligus masalisasi sangat penting kalau perlu sekali tarikan nafas. Pendekatan produktivitas harus diikuti oleh pendekatan efisiensi sehingga akan diterima petani sebab memberikan pendapatan yang memadai pungkas Dr. M. Syakir dalam sambutannya.

 

BSK/GWAS/KN