Berita » “Kacang Tanah” Menarik Perhatian Tamu dari China

tamuchina2Balitkabi pada Kamis 3 Agustus 2017 menerima kunjungan enam orang tamu dari China didampingi Bapak Daniel (pengusaha dari Surabaya). Kunjungan yang sedianya diagendakan Jumat 4 Agustus 2017 terpaksa harus dimajukan dengan pertimbangan padatnya agenda Kepala Balitkabi dan para peneliti guna mendukung program “Mandiri Benih”. Tujuan kunjungan adalah untuk mendapatkan informasi mengenai kacang tanah.

Disela-sela kesibukan tersebut Dr. Joko Susilo Utomo selaku Kepala Balitkabi didampingi beberapa peneliti senior antaranya Dr. Novita Nugrahaeni, Dr. M. Muchlish Adie, Ir. Joko Purnomo, M.S. dan Ir. A. Taufiq, M.S. serta Koordinator Program Penelitian Dr. Andy Wijanarko menerima kunjungan delegasi dari China. Sebagai lembaga penelitian yang mendapat predikat Pusat Unggulan IPTEK (PUI) Akabi, Balitkabi tentu semakin menjadi pusat perhatian baik dari kalangan peneliti, pebisnis, petani, swasta dan beberapa stakeholder lainnya.

tamuchina1Profil Balitkabi yang disampaikan oleh Kepala Balitkabi mengawali acara tersebut. “Kacang tanah termasuk komoditas prioritas untuk kegiatan penelitian di Balitkabi’, ucap Dr. Joko Susilo, namun saat ini kegiatan yang paling prioritas adalah kedelai, apalagi pemerintah mentargetkan tahun 2018 menjadi Tahun Benih.

Sungguh pekerjaan yang berat dan tidak mudah namun sebagai institusi pemerintah, Balitkabi siap melaksanakan apa yang menjadi program dan target pemerintah. Mr. Daniel menyampaikan bahwa untuk kunjungan kali ini baru sebatas penjajagan kegiatan penelitian dan kemungkinan dilakukan kerja sama.

Selanjutnya rombongan diajak melihat proses produksi benih di UPBS Balitkabi. Diskusi santai perihal varietas kacang tanah terus berlanjut dengan Kepala Balitkabi dan para peneliti. Di akhir kunjungan rombongan menyampaikan terima kasih sudah mendapatkan kesempatan berkunjung di Balitkabi.

BSK