Berita » Kaji Ulang Manajemen Laboratorium Pengujian Balitkabi

Seluruh peserta kaji ulang manajemen ISO/IEC 17025:2017

Seluruh peserta kaji ulang manajemen ISO/IEC 17025:2017

Laboratorium Pengujian Balitkabi (LP-518-IDN) telah mendapatkan sertifikat ISO/IEC 17025:2017 dari KAN pada tanggal 16 Oktober 2019. Salah satu persyaratan ISO/IEC 17025:2017 adalah melakukan kaji ulang manajemen (KUM). Kaji ulang manajemen dalam rangka evaluasi capaian dan sasaran mutu tahun 2019 serta perencanaan sasaran mutu 2020 telah dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2019. Hadir pada acara KUM, Kepala Balitkabi selaku Manajer Puncak, Kasubbag Tata Usaha, Kepala Seksi Yantek, Kepala Seksi Jaslit, Manajer Mutu, Manajer Teknis, dan personil laboratorium lainnya.

Suasana kaji ulang manajemen Laboratorium sesuai standard ISO/IEC 17025:2017

Suasana kaji ulang manajemen Laboratorium sesuai standard ISO/IEC 17025:2017

Manager Mutu melaporkan kepada Kepala Balai mengenai capaian yang telah diperoleh laboratorium pengujian Balitkabi pada tahun 2019, diantaranya telah diperolehnya sertifikat akreditasi ISO/IEC 17025:2017 periode 2019-2024 pada laboratorium tanah dan tanaman, laboratorium kimia pangan, laboratorium uji mutu benih; pelaksanaan uji profisiensi telah dilakukan oleh seluruh laboratorium; serta audit internal telah dilaksanakan dan temuan ketidaksesuaian telah ditindaklanjuti oleh masing-masing laboratorium.

Salah satu aspek yang ditekankan oleh Manajer Mutu adalah kecepatan dalam pelayanan. Dengan mengusung motto baru “Pelayanan Cepat, Metode Tepat, Hasil Akurat” diharapkan seluruh personel lab dapat terpacu untuk memberikan pelayanan terbaik untuk para pelanggan. Sejalan dengan digagasnya motto baru, Dr. Heru Kuswantoro juga menggagas pelayanan berbasis daring, bernama “SIYAP” yang merupakan kepanjangan dari Sistem Pelayanan Labotarium Pengujian. Diharapkan keberadaan sistem ini dapat membantu pengelola laboratorium untuk memutuskan penerimaan sampel berdasarkan antrian analisis yang sedang berjalan dan mengetahui status sampel pelanggan pada setiap proses bisnisnya. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan umpan balik antara pengelola laboratorium (Manajer Teknis dan analisis) terhadap Manajemen Balai mengenai permasalahan dalam pengelolaan laboratorium.

Dr. Heru Kuswantoro melaporkan capaian dan sasaran mutu LP (laboratorium Pengujian) Balitkabi

Dr. Heru Kuswantoro melaporkan capaian dan sasaran mutu LP (laboratorium Pengujian) Balitkabi

Dalam arahannya, Kepala Balitkabi, Dr. Yuliantoro Baliadi mengapresiasi kinerja pengelola laboratorium dengan tercapainya sasaran mutu yang telah ditetapkan. Hasil kinerja tersebut, tidak terlepas dari komitmen para senior pendahulu. “Jangan bilang ini sebagai tugas tambahan, tetapi merupakan bentuk penugasan” ujar Kepala Balai. Kepala Balai juga menekankan agar masing-masing laboratorium dapat menggali potensi yang dimilikinya sebagai modal dalam perencanaan di tahun mendatang. Untuk meningkatkan potensi pendapatan, Manajer Administrasi perlu mensosialisasikan peraturan-peraturan terbaru kepada pengelola laboratorium mengenai PP Tarif. Diharapkan dengan dilakukannya kaji ulang manajemen, LP Balitkabi dapat menyusun target di tahun mendatang dengan terus meningkatkan kinerja hasil pengujiannya.
RTH/HK