Berita » Kampung Tempe Parerejo

Harga kedelai boleh naik, namun gairah memproduksi tempe tetap tidak surut. Kejadian tersebut terlihat di Kampung Tempe Parerejo, yang berada di Desa Parerejo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Dirasa berat, memang terasa berat oleh pengrajin tempe, namun beberapa pengrajin tempe berkelakar, pada saat seperti ini, keuntungannya dibagi-bagi. Maksudnya adalah keuntungannya berkurang, namun pembeli tidak terlalu dirugikan.

Kampung Tempa Parerejo merupakan salah satu kampung tempe yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. “Penduduk disini sudah turun-temurun membuat tempe, hampir satu kampung ini semua membuat tempe”, cerita Pak Fuad. Bahkan dituturkan lebih lanjut, pengrajin tempe di daerah Sanan (Malang), dulunya juga belajar disini.

Pak Fuad, Ibu Muhabibah, merupakan salah satu pengrajin tempe di Desa Parerejo yang sudah turun-temurun. Dalam sehari, Pak Fuad menghabiskan 50 kg kedelai, sedangkan Bu Muhabibah sebanyak 25 kg. Setiap 25 kg kedelai menghasilkan 7 lembar kedelai yang saat ini dijual dengan harga sekitar lima puluh ribu rupiah per lembar. “Harga kedelai beragam tergantung merknya”, urai Ibu Muhabibah. Hari ini, harga tertinggi kedelai adalah Rp 9.900/kg dan termurah Rp 9.200/kg. Perbedaan harga disebabkan oleh perbedaan tingkat kebersihan kedelai, yaitu tingkat biji rusak, kandungan kotoran, dan sebagainya. Penggunaan biji kedelai berkualitas baik akan mengurangi biaya sortir sebelum dibuat tempe.

Potret Kampung Tempe Parerejo terungkap dengan terdapatnya tumpukan kayu untuk bahan bakar pembuatan tempe, alat pemisah kulit biji kedelai yang hampir dimiliki setiap pengrajin tempe, dan juga alat transportasi penjualan tempe. Tentu saja, terdapat beberapa pengrajin yang juga mengolah tempe menjadi kripik tempe.

Kenyataan, tempe telah menjadi makanan keseharian sebagian masyarakat Indonesia, makanan yang menyehatkan.

tmpe tempe2
Kampung Tempe (Desa Parerejo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, 22 Januari 2021)
tempe3 tempe4 tempe5
Potret Kampung Tempe: transportasi, kayu bakar, dan salah satu produk tempe

MMA