Berita » Karena Ubi Kayu, Peneliti Korea Datangi Balitkabi

dsc_1698

Tertarik mengembangkan ubi kayu di Korea, Tiga delegasi dari Chungbuk Provincial Agricultural Research and Extension Service, Republic of Korea, yaitu Ms. Kwon-Young Hee, Ms. Kwon-Soon Yi, dan Mr. Lee Hee Bong, berkunjung ke Balitkabi pada Rabu 20 Maret 2019. Ketiga tamu diterima oleh Dr. Kartika Noerwijati, Dr. M. Muchlish Adie, Dr. Sholihin, Dr. Muchdar Sudarjo, Ir. Yudi Widodo, M.S., Ir. Abdullah Taufiq, M.P., Ir. Tinuk Sriwahyuni, M.P., dan Dr. Febria Cahya Indriani.

Young Hee menyampaikan bahwa tujuan kunjungan ke Balitkabi adalah studi banding tanaman tropis termasuk ubi kayu. Menurut Young Hee, saat ini musim panas di Korea semakin panjang dan suhunya relatif tinggi kemungkinan akan sesuai untuk budidaya ubi kayu. Untuk itu sebagai penjajagan pertama akan diuji coba pembiakan ubi kayu melalui tissue culture. “Saya ingin mengajukan permohonan bibit beberapa varietas ubi kayu dari Balitkabi, terutama yang memiliki umur genjah,” kata Young Hee. Selama ini, lembaga riset kami belum pernah mengembangkan ubi kayu. Ke depan, jika tanaman ubi kayu bisa berkembang di Korea akan dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan etanol, lanjutnya.

  • image
  • image

Muchlish menyampaikan bahwa untuk permintaan terkait bibit ubi kayu harus melalui prosedur Material Transfer Agreement (MTA). “Silakan berkirim surat ke Balitkabi, bibit ubi kayu varietas apa yang diminati, nanti akan kami tindaklanjuti,” kata Muchlish. Pembuatan MTA dimaksudkan sebagai sarana perlindungan hukum bagi para pihak dalam perjanjian pengalihan materi biologi.

Pada akhir pertemuan, Kartika menyampaikan semoga kunjungan ini merupakan awal yang baik untuk dapat mmelakukan inisiasi kerja sama penelitian ubi kayu yang bermanfaat bagi kedua belah pihak.

dsc_1693

KN