Berita ยป Kelompok Tani Ngudi Makmur Ingin Kembangkan Kedelai

1-ngudi-1

Dalam rangka memperoleh berbagai informasi budidaya, pengendalian OPT, serta varietas unggul bermutu kedelai, sejumlah 15 anggota Kelompok Tani Ngudi Makmur Desa Ternyan Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang berkunjung ke Balitkabi, Selasa (16/10/2012). Sholihin, Sekretaris kelompok tani Ngudi Makmur, mengatakan bahwa anggota kelompok tani Ngudi Makmur masih awam dengan teknologi budidaya tanaman kedelai. Mereka didampingi Ibu Thuluis, Penyuluh Pertanian Lapang.

Lebih lanjut penggiat kelompok tani ini mengharapkan, seusai kunjungan ini anggota kelompok tani dapat memahami teknologi budidaya kedelai dan memperoleh informasi varietas-varietas unggul yang cocok untuk dikembangkan di Desa Ternyan.

Sementara itu dalam sambutannya, Plt. Kepala Balitkabi, Dr. Sholihin, M.Sc. menjelaskan tugas pokok dan fungsi Balitkabi, serta memperkenalkan hasil-hasil penelitian yang dihasilkan Balitkabi.

Materi pertama teknologi budidaya kedelai dan varietas unggul dipaparkan oleh Didik Sucahyono, SP, MP, peneliti ekofisiologi tanaman. Untuk materi hama pada tanaman kedelai disampaikan oleh Drs. Bedjo, MP, disusul Ir. Mudji Rahayu yang memaparkan materi penyakit pada kedelai.

Sebelumnya, kunjungan diawali dengan melihat pertanaman kedelai di Kebun Percobaan (KP) Kendalpayak yang dipandu oleh Kepala KP Kendalpayak, Ir. Margono Rachmad, MS. Selesai mengunjungi kebun, selanjutnya rombongan diperkenalkan Unit Pengelolaan Benih Sumber (UPBS) yang tupoksinya adalah memproduksi dan mengelola benih sumber tanaman dengan penerapan sistem jaminan mutu, dengan ISO 9001 : 2008.

Pengunjung mencermati tanaman kedelai.

Selain varietas unggul kedelai, mereka juga diperkenalkan varietas unggul ubikayu dan ubi jalar.

Pemaparan materi dari para peneliti Balitkabi.