Berita » Kepala Balitbangtan: Capaian 2021, Tiga Kali Lebih Tinggi dari 2020

Mengawali tahun 2021, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melakukan Rapat Pimpinan, 5 Januari 2021, diikuti oleh seluruh jajaran Balitbangtan, baik secara offline maupun online. Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari, MP., hadir secara online, didampingi oleh Kepala Sub Bagian Tatausaha, Sub-koordinator Substansi, Koordinator Program serta jajaran peneliti.

Rapim di awal tahun ini diawali pemaparan Sekretaris Balitbangtan (Dr. Ir. Haris Syahbuddin,  DEA) tentang mekanisme kerja pasca transformasi jabatan struktural ke jabatan fungsional. Peran Balitbangtan pada tahun 2021 semakin tertantang dan ditantang oleh Menteri Pertanian untuk meraih capaian pada tahun 2021 adalah 3 kali lebih tinggi dibanding dengan apa yang telah diperoleh pada tahun 2020.

Kepala Balitbangtan, Dr.Ir. Fadjry Djufry, M.Si., memberikan berbagai arahan, diantaranya adalah (1) hilirisasi jadikan pikiran kita semua, perlu dirancang dengan kecepatan tinggi, dan diperluas jangkauannya, (2) perkuat perbenihan nasional, petakan kapasitas litbang, petakan berapa dan dimana ketersediaan dan kebutuhan benih nasional, dan dimana Balitbangtan berperan, (3) bangun dan tentukan desa binaan dengan kekuatan inovasinya, yang harus mampu menggoyang dari sisi hulu hingga hilir. UK/UPT diminta untuk segera mengidentifikasi capaian yang selama ini telah diraih, paling tidak tentukan 2 desa binaan yang betul-betul unggul, (4) identifikasi kegiatan-kegiatan yang mampu memberikan terobosan 3 kali lebih unggul, UK/UPT harus segera bergerak, (5) setiap UK/UPT menyiapkan peragaan inovasi setiap saat, sehingga layak menjadi objek kunjungan setiap waktu, pamerkan dan tunjukkan kekuatan produk riset yang telah dihasilkan, dan (6) perlu terobosan penyediaan benih berbagai komoditas, misalnya kelapa, bawang putih, termasuk porang. Pikirkan pendekatan melalui teknologi somatik embriogenesis untuk mempercepat penyediaan benih. Perlu dipikirkan agar produktivitas kedelai dapat mencapai 4 t/ha.

Menutup arahannya, Kepala Balitbangtan, mengajak seluruh jajaran Balitbangan untuk tetap menjaga kekompakan dan meminimalisir permasalahan. Jayalah Balitbangtan.

Kepala Balitkabi pada Rapim Balitbangtan 5 Januari 2021

Kepala Balitkabi pada Rapim Balitbangtan 5 Januari 2021

Peserta Rapim dari Balitkabi

Peserta Rapim dari Balitkabi

MMA/SM/AK