Berita ยป Kerja Sama Perakitan VUB Kacang Tanah Tahan Aflatoksin

Penandatanganan MOU antara Balitkabi dengan PT Tudung Putra Putri Jaya
Penandatanganan MOU antara Balitkabi dengan PT Tudung Putra Putri JayaBalitkabi menjalin kerja sama dengan salah satu produsen makanan kacang tanah terkemuka, yakni PT Garudafood, untuk bersama-sama merakit varietas unggul kacang tanah dengan kadar aflatoksin rendah. Penandatanganan kontrak kerja sama Balitkabi dengan PT Tudung Putra Putri Jaya (PT TPPJ), perusahaan yang satu group dengan PT Garudafood ini dilakukan pada 20 Februari 2009 di Kantor Balitkabi, Kendalpayak, Malang.

Penandatanganan MOU antara Balitkabi dengan PT Tudung Putra Putri JayaMeningkatnya kesadaran masyarakat dan dunia industri akan perlunya pangan sehat telah mendorong berbagai pihak untuk segera menciptakan varietas unggul kacang tanah yang bebas aflatoksin. Aflatoksin adalah senyawa yang dihasilkan oleh jamur Aspergillus flavus yang banyak terdapat pada kacang tanah dan jagung, bersifat toksik bagi kesehatan manusia dan hewan. Dalam kerangka itu Balitkabi menjalin kerja sama dengan salah satu produsen makanan kacang tanah terkemuka, yakni PT Garudafood, untuk bersama-sama merakit varietas unggul kacang tanah yang kadar aflatoksinnya rendah. Penandatanganan kontrak kerja sama Balitkabi dengan PT Tudung Putra Putri Jaya (PT TPPJ), perusahaan yang satu group dengan PT Garudafood ini dilakukan pada 20 Februari 2009 di Kantor Balitkabi, Kendalpayak, Malang.

Kontrak kerja sama ditandatangani langsung oleh Direktur PT TPPJ, Dra. Rahajoe Dewiningroem, dengan Kepala Balitkabi, Dr. Made Jana Mejaya, MSc. Dalam kesempatan tersebut dibicarakan langkah-langkah yang perlu ditempuh agar kerja sama penelitian tersebut mencapai sasaran yang telah disepakati dan dituangkan dalam proposal kerja sama. Ir. Joko Purnomo, MS, pemulia kacang tanah Balitkabi optimis bisa menyelesaikan tanggung jawab yang diberikan kepadanya pada akhir 2011, sebagaimana target yang disepakati. Kedua pihak berharap kerja sama tidak hanya berhenti pada perakitan VUB kacang tanah saja, namun bisa lebih ditingkatkan pada komoditas yang lain seperti Ubijalar, ubikayu, kedelai dan yang lainnya.

Dr. Made dalam sambutannya menyatakan bahwa walaupun yang melakukan kerja sama adalah industri besar, namun akan memberikan dampak berupa peningkatan kesejahteraan bagi petani kacang tanah, khususnya yang bermitra dengan perusahaan. Sinergisme antara pemerintah dan dunia usaha melalui kerjasama senantiasa diarahkan untuk membantu petani dalam upaya peningkatan kesejahteraannya.