Berita » Ketua DWP Puslitbangtan Beri Apresiasi Program Kerja DWP Balitkabi

kunkerKetua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Puslitbangtan, Ny. Suhaida Ismail, pada tanggal 9 Oktober 2018 melakukan kunjungan kerja pertama kalinya ke Balitkabi pasca dilantik bulan Juli 2018 lalu. Didampingi  ketua DWP Balitkabi, Ny. Yayuk Baliadi, Ibu Ida melakukan serangkaian kegiatan yang diantaranya adalah, (1) Peresmian ruang laktasi, (2) Tebar benih ikan, (3) Panen sayur mayur di KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari), (4) Donor darah, (5) Penggalangan dana peduli Palu, Sigi dan Donggala, serta (6) Pertemuan rutin DWP Balitkabi.

Dalam sambutannya, Suhaida mengungkapkan rasa bahagianya dapat hadir dan bertatap muka langsung dengan anggota DWP Balitkabi. “Saya sangat mengapresiasi program kerja DWP Balitkabi yang begitu produktif dan bervariasi, baik di bidang pendidikan, sosial dan budaya, serta di bidang ekonomi,” kata Suhaida. Khusus untuk penggalangan dana musibah gempa bumi dan tsunami di Palu merupakan inisiatif dari Ketua DWP Badan Litbang Pertanian, Ny. Luluk Syakir, sebagai wujud kepedulian sosial terhadap sesama. Pada aksi penggalangan dana yang dilakukan secara spontanitas, terkumpul dana sebesar Rp. 7.500.000. “Semoga sebagian rezeki yang kita sumbangkan hari ini, dapat bernilai ibadah dan bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah,” ujar Suhaida.

kunker1

DWP Balitkabi pada tahun 2018 ini memiliki program unggulan penyediaan ruang laktasi untuk mendukung pemberian ASI Eksklusif bagi putra-putri karyawati Balitkabi. Selain ruang laktasi, donor darah juga merupakan kegiatan rutin DWP Balitkabi setiap triwulan. Pada Oktober ini, pelaksanaan  donor darah adalah yang ketiga. Donor darah tidak hanya melibatkan anggota DWP dan ASN tetapi juga terbuka untuk umum bagi warga yang tinggal sekitar Balitkabi.

Pemberian beasiswa bagi putra/putri anggota PNS golongan I, golongan II, harian lepas, anak yatim, serta pensiunan dari karyawan Balitkabi juga merupakan program unggulan dalam bidang pendidikan. Tidak hanya dalam bentuk beasiswa, angota DWP Balitkabi juga dibekali dengan wawasan dalam hal bercocok tanam dan memanfaatkan lahan pekarangan dalam program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari). Beragam sayuran seperti kangkung, tomat, sawi, daun bawang, cabai, kacang merah yang dilengkapi dengan kolam ikan lele dan nila menjadi nilai tambah pada KRPL Balitkabi.

kunker2

Di bidang ekonomi, bazar merupakan salah satu motor penggerak pemasukan kas DWP, selain dari iuran anggota. Dengan adanya bazar, ibu-ibu anggota DWP yang memiliki keahlian dalam bidang kuliner dapat menjual beraneka ragam produk pangan, termasuk produk olahan aneka kacang dan umbi. Penjualan dilakukan secara online melalui WAG (Whatsapp Group) maupun pada stand bazar saat pertemuan rutin. Tidak hanya menjanjikan keuntungan, bazar di DWP Balitkabi juga dapat dijadikan ajang diseminasi produk olahan berbahan baku akabi.

Maju terus DWP Balitkabi….

 

RTH