Berita ยป Komitmen Balitkabi Mendukung Keterbukaan Informasi Publik

Penandatanganan komitmen Keterbukaan Informasi Publik

Foto bersama penandatanganan komitmen Keterbukaan Informasi Publik

Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) sebagai salah satu badan publik memiliki kewajiban untuk memberikan layanan informasi yang benar dan transparan kepada masyarakat dan semua pemangku kepentingan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Untuk meningkatkan komitmen dalam pelayanan publik tersebut, pada hari Senin, 8 Februari 2021 dilakukan penandatanganan dokumen Komitmen Bersama Balitkabi Mendukung Keterbukaan Informasi Publik. Acara ini dihadiri oleh Kepala Balitkabi (Dr. Ir. Titik Sundari, MP.), Kasubbag Tata Usaha, Subkoordinator Substansi Jasa Penelitian, Subkoordinator Substansi Pelayanan Teknis, para Ketua Kelompok Peneliti, Wakil Direktur UPBS, Penanggung Jawab Perpustakaan, Penanggung Jawab bagian Kepegawaian, Penanggung Jawab Pranata Komputer, dan Penanggung Jawab Kearsipan. Dalam arahannya Ibu Kepala Balitkabi kembali mengingatkan bahwa dengan adanya komitmen ini diharapkan semua bagian dari Balitkabi dapat memberikan layanan informasi yang dapat diakses dengan mudah dan cepat dengan berbagai informasi yang cermat dan akurat, dengan memanfaatkan berbagai jalur informasi dan komunikasi yang tersedia.

Pelayanan informasi di Balitkabi dilaksanakan oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) bekerjasama dengan seluruh elemen yang ada termasuk para peneliti. Hingga saat ini, Balitkabi telah berupaya memberikan informasi yang selalu diperbaharui dan dapat diakses melalui berbagai media dan media sosial, salah satunya melalui website Balitkabi (http://balitkabi.litbang.pertanian.go.id/).

Pada kesempatan ini juga dilakukan diskusi yang membahas upaya-upaya peningkatan layanan informasi kepada publik melalui penyusunan SOP yang baik, dan penambahan berbagai media sebagai sumber informasi. Melalui keterbukaan informasi ini, Balitkabi mengharapkan masyarakat akan mendapat informasi yang benar dan akuntabel terutama untuk mendorong terciptanya budaya kerja yang bersih dan bertanggung jawab serta memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

Arahan Kepala Balitkabi dalam Penandatangana Komitmen KIP

Arahan Kepala Balitkabi dalam Penandatanganan Komitmen KIP

suasana kegiatan penandatanganan komitmen KIP

Suasana kegiatan penandatanganan komitmen KIP

Penandatanganan Komitmen KIP

Penandatanganan Komitmen KIP

AI/AA