Berita ยป ACIAR Country Manager for Indonesia Berkunjung ke Balitkabi

Rabu (23/5/2012), Country Manager ACIAR untuk Indonesia, Ibu Frances Barns, berkunjung ke Balitkabi dalam rangka mengunjungi proyek-proyek ACIAR yang ada di Jawa Timur. Kunjungan ke Balitkabi ini adalah kunjungan pertama beliau setelah menjabat Manager hampir dua tahun lamanya.

Selain untuk silaturahmi, kunjungan beliau terutama untuk menggali tupoksi Balitkabi yang dapat disinergikan dengan prioritas-prioritas penelitian ACIAR yang kini ada untuk kerjasama di waktu yang akan datang.

Kepala Balitkabi Dr. M. Muchlish Adie berkenan menerima kunjungan tersebut. Pak Muchlish ditemani peneliti Balitkabi, Dr Agustina Asri Rahmianna. Dalam diskusinya, Dr Muchlish memaparkan bahwa kegiatan penelitian utama difokuskan pada komoditas kedelai, yang merupakan komoditas prioritas di tingkat Kementerian Pertanian. Namun demikian, komoditas-komoditas tanaman pangan yang lain tidak diabaikan karena kegiatan penelitian untuk keempat komoditas tersebut masih tetap ada.

Diskusi antara Ibu Frances (baju merah), Dr. M. Muchlish Adie, dan Dr. A.A. Rahmianna

Pada kesempatan ini, hal penting yang menjadi diskusi hangat adalah kegiatan diseminasi. Ibu Frances menyoroti bahwa kegiatan penyebarluasan hasil penelitian tidak kalah penting dengan kegiatan penelitian itu sendiri. Oleh karena itu kini kebijakan ACIAR adalah menggalakkan kegiatan diseminasi hasil penelitian. Dr. Muchlish Adie mengusulkan bahwa hasil penelitian ACIAR yang kini dilakukan Balitkabi bersama-sama dengan BPTP NTT yaitu tentang pengembangan kacang hijau varietas Vima-1 menggunakan minimum input yang sudah menunjukkan keberhasilan di Kab. Belu dan Kab. Kupang tahun 2010-2012, perlu didesiminasikan ke lokasi lain di NTT. Diharapkan ACIAR dapat memfasilitasi kegiatan ini dengan membuat petak-petak demonstrasi dan mengadakan temu lapang. Balitkabi siap mendukung kegiatan tersebut, antara lain dengan menyiapkan varietas, teknologi, dan pendampingan. Masukan ini sangat diperhatikan oleh Bu Frances, dan kemungkinan akan dilakukan pada tahun 2013 yang akan datang. Hal ini semata-mata karena diperlukan waktu untuk diskusi bersama-sama antara ACIAR, BPTP NTT dan Balitkabi.

Ibu Erli memperkenalkan aneka olahan kacang-kacangan dan umbi-umbian kepada Ibu Frances

Di akhir diskusi Dr. Muchlish mengharapkan semakin terbukanya kesempatan untuk para peneliti yunior untuk melanjutkan pendidikan di Australia. Hal ini sangat dirasakan oleh Kepala Balai bahwa menempuh pendidikan di Australia akan semakin membuka wawasan pengetahuan para peneliti yunior.

Setelah bertemu dengan Kepala Balai, Bu Frances berkesempatan bertemu dan diskusi dengan Dr. M. Jusuf dan Ir. Erliana Ginting M.Sc., yang keduanya mempunyai kerjasama ACIAR untuk komoditas ubijalar dan sekarang sedang berlangsung di Papua dan Papua Barat.