Berita » Kunjungan Kerja Kapuslit Tanaman Pangan ke Balitkabi

Bertempat di Aula Balitkabi, seluruh PNS lingkup Balitkabi berkesempatan mendengarkan arahan dari Dr. Ir. H. Ali Jamil, M.P, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan, Balitbangtan. Dalam kesempatan tersebut Kepala Puslit didampingi oleh Dr. Ir. A.M. Adnan, M.P. sebagai Kepala Bidang Program & Evaluasi, Dr. Ir. Eko Mulyani, M.S. sebagai Kepala Bidang KSPHP, dan Ir. Anik Sri Suryani, M.P. sebagai Kepala Bagian Tata Usaha.

11-11-16

Acara dibuka oleh Dr. Didik Harnowo selaku Kepala Balitkabi. Pada acara pembukaan, Dr. Didik menjelaskan profil Balitkabi yang merupakan salah satu balai penelitian di bawah Puslitbangtan. Capaian Balitkabi pada Tahun Anggaran 2016 diantaranya selesainya pembangunan Gedung Laboratorium Sentral dan resertifikasi ISO Balai 9001:2008 yang berhasil dengan baik.

Disampaikan pula hasil serapan Balitkabi Tahun Anggaran 2016 terlaksana dengan baik dan sesuai target, serta akan meyongsong Tahun Anggaran 2017 dengan semangat.

Dalam arahannya, Dr. Ir. H. Ali Jamil, M.P. menyampaikan bahwa SDM peneliti di balai penelitian sebaiknya seimbang antara bidang pemuliaan, agronomi, dan hama penyakit agar penelitian dapat berjalan dengan baik. Beliau juga menyampaikan arahan Kepala Balitbangtan bahwa sebagai peneliti di Balitbangtan jangan berpikir melakukan penelitian mulai dari nol, penelitian harus beberapa langkah ke depan sehingga bisa seiring dengan mitra Kementerian Pertanian.

Menyambut secara positif dan menggandeng melalui kerjasama teknologi yang berkembang di luar Balitbangtan yang mendukung pertanian demi kemakmuran rakyat. Balitkabi diharapkan dapat berkerjasama dengan Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDL) dan Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) untuk bersama-sama mengatasi permasalahan di bidang pertanian.

Pada tahun 2017 terdapat dua acara besar yang membutuhkan dukungan semua pihak termasuk Balitkabi yaitu PENAS di Aceh dan HPS di Kalimantan Barat. Pada acara tersebut diharapkan Balitkabi dapat berperan serta dengan menampilkan komoditas AKABI yang mampu tumbuh baik di bawah naungan tanaman perkebunan.

Bapak Kapus juga menyampaikan bahwa layanan laboratorium di Balitkabi yang sudah terakreditasi dan PUI supaya dipertahankan dan ditingkatkan lagi kinerjanya. Pengawasan internal balai dan administrasi harus diperhatikan. Perubahan menuju hal yang lebih baik harus dilakukan, proses dipermudah namun kualitas harus tetap dijaga.

RA