Berita ยป Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI di Malang

Kepala Balitbangtan mendampingi kunker Komisi IV DPR RI di Malang, 15 Februari 2021

Kepala Balitbangtan mendampingi kunker Komisi IV DPR RI di Malang, 15 Februari 2021

Masa reses persidangan tahun 2020-2021 dioptimalkan oleh 20 anggota Komisi IV DPR RI (bidang pertanian, lingkungan hidup dan kehutanan, serta kelautan) dengan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Jawa Timur, termasuk ke Malang. Objek kunjungan dari Komisi IV DPR RI di Malang adalah ke Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang dan Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas). Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Perkebunan, serta Kepala Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Dr. Ir. Titik Sundari, M.P.) mengikuti kunker tersebut.

Komisi IV DPR RI memahami peran strategis Kementerian Pertanian dalam mendukung pembangunan nasional. Drs. H. Hasan Aminuddin dan Anggia Erma Rini sependapat jika memperkuat generasi muda, generasi milenial, menjadi generasi pertanian yang tangguh, harus ditumbuhkan rasa bangga menjadi petani.

Sumber daya genetik (SDG) juga menjadi perhatian Komisi IV DPR RI di Balittas. Saatnya segera dibangun Undang Undang SDG di Indonesia. Undang-undang tersebut penting untuk melindungi aset bangsa. Banyak paten yang telah dihasilkan Balitbangtan, dan diharapkan oleh Komisi IV, lakukan penguatan dan perderasan sosialisasi, karena belum semua orang mengetahuinya.

Kepala Balitbangtan, Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si., menyampaikan bahwa berinteraksi melalui kunker ini sangat penting, untuk memperkenalkan kekuatan kelembagaan, termasuk SDM peneliti, serta deretan inovasi yang telah dihasilkan oleh Balitbangtan. Sekali lagi, ajakan Kepala Balitbangtan, mari kita gencarkan teknologi Balitbangtan.

kunker2 kunker3
Kepala Balitbangtan, Kapuslitbangtan, dan Kapuslitbangbun pada kunker Komisi IV DPR RI di Malang

TS